10 Spot Foto Instagrammable Kotagede, Wajib di Kunjungi

Jumat, 15 November 2019 17:32 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
10 Spot Foto Instagrammable Kotagede, Wajib di Kunjungi Situs Warung Boto. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kotagede, Yohyakarta terkenal dengan daerah penghasil kerajinan perak. Banyak wisatawan datang untuk berbelanja maupun melihat proses pembuatan perak. Kotagede merupakan kawasan bersejarah yang memiliki julukan The Old Capital City. Daerah ini merupakan asal mula lahirnya kerajaan Mataram Islam.

Oleh karena itu, saat jalan-jalan di kawasan Kotagede akan banyak menemukan bangunan tua yang di bangun sekitar tahun 1930 dengan arsitektur yang berbeda dan unik. Struktur bangunan di sini sedikit berbeda dengan rumah Jawa pada umumnya. Kebanyakan di kelilingi tembok yang tebal dan tinggi. Itu merupakan ciri bangunan peninggalan kerajaan Mataram Islam sebagai bentuk pertahanan.

Kini, bangunan-bangunan bersejarah tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan dan dijadikan spot foto yang menarik. Berikut 10 spot foto terbaik yang ada di Kotagede, Yogyakarta :

1 dari 4 halaman

1. Masjid Gedhe Mataram

Dinobatkan sebagai salah satu masjid tertua di Yogyakarta, masjid ini memiliki model bangunan tampak seperti pura. Di lengkapi dengan bangunan joglo yang memberikan kesan tua dan klasik membuat tempat ini menjadi salah satu spot foto yang instagrammable.

2. Makam Raja Mataram

Meski tidak bisa mengambil foto di dalam pemakaman, tetapi halaman depan gerbang menuju pemakaman bisa dijadikan latar foto yang menarik dan memberikan kesan klasik.

3. Rumah Pesik

Rumah Pesik merupakan bangunan tua yang instagrammable juga, rumah besar dengan cat warna hijau terang ini tentu mudah menarik perhatian.

2 dari 4 halaman

4. Tembok Ijo

Tembok ijo ini merupakan spot foto yang banyak di gemari oleh wisatawan. Tembok ini merupakan bagian dari rumah warga yang di tumbuhi tanaman rambat. Terdapat juga pintu kayu yang menambah kesan rustic vintage pada spot ini. Lokasinya tidak jauh dari pintu gerbang Gang Soka.

5. Masjid Perak

Arsitektur masjid ini begitu cantik dengan gaya Mediterania dan di dominasi warna putih. Konon, masjid ini didirikan berkat sumbangsih pengrajin dan penjual perak di Kotagede.

6. Rumah Pocong Sumi

Rumah ini terkenal dengan rumah berhantu di Kotagede. Meskipun terlihat seram, rumah ini merupakan salah satu spot foto yang menarik juga karena memiliki arsitektur bangunan bergaya Eropa yang menarik.

3 dari 4 halaman

7. Rumah Arsitektur Unik

Jika menyusuri lebih dalam lagi, kita akan menemukan rumah-rumah warga dengan arsitektur yang unik, menarik dan cocok dijadikan spot foto. Foto di atas merupakan salah satu contoh rumah dengan gaya arsitektur perpaduan Jawa dan Jepang.

8. Langgar Dhuwur Jagalan

Sebagai pusat peradaban kerajaan Mataran Islam, banyak bangunan di Kotagede memiliki latar belakang corak Islam. Salah satunya musala yang diberi nama langgar Dhuwur, yang berarti musala yang tinggi. Di karenakan musala tersebut berada di lantai dua. Untuk pemburu foto vintage wajib menjadikan tempat ini sebagai salah satu objek foto.

9. Situs Warung Boto

Tidak jauh dari Kotagede terdapat sebuah tempat singgah Sultan Ngayogyakarta. Bentuk arsitekturnya tidak jauh berbeda dengan Taman Sari.

4 dari 4 halaman

8. Lorong Sempit Permukiman

Pemburu foto vintage wajib datang dan berfoto di Lorong-lorong permukiman warga. Di bagian dalam permukiman akan banyak ditemukan bangunan tua yang sangat instagrammable. Di sini wisatawan juga bisa melihat kehidupan masyarakat secara lebih dekat.

[khu]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini