WNI ikut jadi korban, Indonesia terus pantau penyelidikan MH17

Kamis, 6 Oktober 2016 19:28 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro
WNI ikut jadi korban, Indonesia terus pantau penyelidikan MH17 bunga penuhi lokasi kecelakaan MH17. ©REUTERS/Maxim Zmeyev

Merdeka.com - Pemerintah Indonesia terus memantau perkembangan penyelidikan kasus kecelakaan pesawat maskapai Malaysia Airlines MH17. Pernyataan ini dilontarkan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Arrmanatha Nasir.

Pria akrab disapa Tata mengatakan kemarin ada laporan dari tim penyelidik independen Belanda mengenai asal usul misil yang ditembakkan hingga membuat pesawat itu jatuh.

"Kita terus melakukan koordinasi dan memantau perkembangan, kemarin, ada laporan dari pihak Belanda soal asal usul misil tersebut," ucap Tata saat ditemui di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (6/10).

Dari laporan tersebut, pemerintah Indonesia mengharapkan penyelidikan dapat selesai dengan kejelasan.

"Yang pasti, kita pelajari (laporan) dan terus berkoordinasi dengan Belanda," lanjut Tata.

Pesawat dengan nomor penerbangan MH17 milik maskapai Malaysia Airlines jatuh karena ditembak rudal di wilayah Ukraina Juli 2014 silam. Pesawat tersebut membawa 298 penumpang, 12 di antaranya adalah warga negara Indonesia.

Penyelidikan MH17 terus dilakukan pengadilan internasional. Rusia dituduh bersalah atas insiden ini.

Namun, Rusia menolak disalahkan dan meminta pengadilan internasional untuk memakai bukti dari mereka juga dalam penyelidikan. [pan]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini