Ratusan ribu warga Turki demo menentang Erdogan di Istanbul

Senin, 10 Juli 2017 18:42 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro
Ratusan ribu warga Turki demo menentang Erdogan di Istanbul ratusan ribu warga turki demo menentang erdogan. ©Reuters

Merdeka.com - Ratusan ribu orang berdemo di Istanbul kemarin mengakhiri aksi 25 hari 'unjuk rasa demi keadilan'. Demo ini dipimpin Ketua Partai Republik yang adalah oposisi pemerintah, Kemal Kilicdaroglu.

Bersama para demonstran, Kilicdaroglu memimpin jalan kaki sejauh 280 mil dari Ankara ke Istanbul. Juni lalu wakil Kilicdaroglu di PArtai Republik dipenjara pemerintahan Erdogan.

"Seandainya ada demokrasi, kebebasan media, dan kelompok masyarakat sipil bisa dengan bebas mengekspresikan pendapat mereka maka sebetulnya tidka perlu ada demo ini," tutur Kilicdaroglu, seperti dilansir koran the Independent, Senin (10/7).

Kilicdaroglu sebelumnya dianggap tidak punya kekuatan, namun dia muncul dengan membawa banyak suara masyarakat Turki. Kilicdargolu menuturkan demonstrasi selama tiga pekan itu telah membantu masyarakat Turki 'membuang ketakutan' mereka.

Dengan cara sederhana Kilicdargolu menarik dukungan dari masyarakat. Awalnya memang sedikit, namun belakangan ini jumlah pendemo bertambah banyak. Mereka membawa ratusan ribu spanduk dan bendera Turki serta menuntut 'hak, hukum, keadilan'.

Pemerintah Erdogan sendiri menuduh Kilicdaroglu mendukung kelompok teroris dengan unjuk rasa itu. Dia dituding melanggar hukum dengan mencoba mempengaruhi pengadilan. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. Turki
  2. Recep Tayyip Erdogan
  3. Jakarta
  4. Demo
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini