Manuskrip Kuno Berusia 1.200 Tahun Ungkap Kata Tersembunyi Nama Sosok Perempuan

Selasa, 6 Desember 2022 17:03 Reporter : Pandasurya Wijaya
Manuskrip Kuno Berusia 1.200 Tahun Ungkap Kata Tersembunyi Nama Sosok Perempuan manuskrip kuno berusia 1200 tahun. ©ARCHiOX/Bodleian Libraries

Merdeka.com - Sejumlah peneliti menemukan naskah rahasia dan sketsa berupa manuskrip berusia lebih dari 1.200 tahun. Naskah yang dibuat tanpa tinta itu ditemukan di halaman buku Abad Pertengahan yang disimpan di perpustakaan Universitas Oxford di Inggris.

Para peneliti mengira tulisan di naskah itu dibuat oleh sosok yang punya status tinggi, perempuan terpelajar di masa itu ketika orang yang bisa membaca dan menulis dianggap orang elit. Banyak tulisan di naskah itu menggunakan nama perempuan Inggris masa lalu yaitu Eadburg. Para peneliti menduga nama itu adalah identitas dari orang yang membuat catatan tersebut.

Sementara sketsa pada naskah itu tidak terlalu jelasnya gambarnya apa. Gambar itu memperlihatkan sosok orang yang merentangkan tangannya untuk menjangkau orang lain yang mengangkat tangan seperti hendak menyetop. Peneliti menduga Eadburg menulis namanya untuk menggarisbawahi naskah di tulisan itu. Naskah tersebut adalah salinan berbahasa latin dari "Acts of Apostles" yang dibuat di selatan Inggris antara tahun 700 hingga 750 Masehi.

"Kami baru mengidentifikasi lima contoh nama Eadburg yang ditulis di lima halaman berbeda dari manuskrip ini," kata Jessica Hodgkinson, mahasiswa doktoral sejarah di Universitas Leicester yang menemukan naskah tersebut kepada Live Science dalam surel.

"Singkatan nama, termasuk E, EAD dan EADB--ditemukan di pinggir halaman dan halaman-halaman lain ada 10 kali sejauh ini."

Manuskrip itu kemudian diteliti menggunakan teknologi pencitraan sehingga peneliti menemukan kata tersembunyi dan gambar di naskah tersebut. Metode yang digunakan yaitu memeriksa manuskrip dengan pencahayaan yang berbeda untuk membentuk model 3D di permukaan. Metode itu bisa mengungkap coretan yang bahkan lebih tipis dari rambut dan hasil analisis menyatakan sketsa itu digambar oleh sosok misterius Eadburg.

Hodgkinson berharap dia akan mempelajari lebih lanjut tentang misteri tulisan dan gambar di naskah itu serta siapa sebenarnya sosok Eadburg. [pan]

Baca juga:
Sepatu Kulit Tertua Ditemukan di Gua Armenia, Umurnya Lebih Tua dari Piramida Mesir
Makam Bayi Berusia 10.000 Tahun Jadi Petunjuk Kehidupan Purbakala di Eropa
Ilmuwan Pecahkan Misteri Mengapa Kuburan Berisi Mumi Orang Yunani Ditemukan di Mesir
Penemuan Mural Kuno Berusia 1.000 Tahun di Peru
Peneliti Temukan Mainan Kuno Berusia 5.000 Tahun di Iberia
Harta Karun Zaman Viking Ditemukan di Norwegia, Ada Koin Arab dan Gelang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini