Manusia berusia 100 tahun beberkan rahasia panjang umur

Rabu, 30 Mei 2018 03:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Manusia berusia 100 tahun beberkan rahasia panjang umur Misao Okawa. ©dailymail.co.uk

Merdeka.com - Setiap orang ingin memiliki tubuh yang sehat dan panjang umur. Mereka melakukan banyak hal untuk menunjang kehidupan yang sehat, seperti berolahraga dan makan-makanan bergizi.

Di samping itu, rahasia umur panjang juga berawal dari bagaimana cara menjalani hidup kita lainnya. Seperti dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa rahasia umur panjang dari mereka yang berusia di atas 100 tahun:

1 dari 5 halaman

Misao Okawa berumur panjang karena makan dan tidur cukup

berumur panjang karena makan dan tidur cukup rev1Misao Okawa. ©2018 IBTimes UK

Perempuan hidup tertua di dunia, Misao Okawa akan merayakan ulang tahunnya yang ke-116 pada Rabu 5 Maret 2014. Jelang hari jadinya itu, dia membagi rahasia hidupnya yang begitu panjang.

Rahasia itu sejatinya sangat sederhana. "Makan dan tidur (cukup), maka Anda akan berumur panjang," kata dia.

Okawa makan 3 kali sehari dan tidur selama 8 jam. Makanan kesukaan Okawa adalah sushi. Dia bisa menyantap makanan kesukaannya sebulan sekali.

2 dari 5 halaman

Gertrude Weaver ikuti perintah Tuhan agar berumur panjang

ikuti perintah tuhan agar berumur panjang rev1Gertrude Weaver. ©2018 Washington Post

Gertrude Weaver lahir pada 4 Juli dan tinggal di fasilitas perawatan di Arkansas. Sebagai nenek tertua di Amerika, dia mengatakan bahwa untuk bisa memiliki umur yang panjang, seseorang harus mengikuti perintah Tuhan. Jangan mengikuti perkataan apalagi perintah orang lain.

"Jadilah orang yang patuh dan taat hukum, serta jangan terlalu khawatir tentang apa pun. Saya telah mengikuti-Nya selama bertahun-tahun," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Ruby Mathieson berumur panjang dan awet muda karena tak pakai riasan

berumur panjang dan awet muda karena tak pakai riasan rev1Ruby Mathieson. ©2018 Dailymail

Nenek asal Dalmarnock, Glasgow ini punya rahasia untuk menjaga tubuhnya selalu sehat dan bugar serta awet muda yaitu dekat dengan keluarga. Nenek yang lahir di tahun 1916 ini juga punya sifat yang ramah, suka jalan-jalan di luar rumah khususnya di daerah yang sejuk dan segar serta menjadi pribadi yang selalu bahagia.

Tak hanya itu, ia juga punya rahasia turun temurun untuk membuatnya terlihat awet muda, segar dan tetap cantik. Rahasia adalah ia tak pernah memakai make up.

Dia juga rutin membasuh wajah dengan air dingin agar kulit wajahnya selalu bersih. Nenek Ruby juga mengaku tidak pernah minum setetes minuman beralkohol selama hidupnya agar bisa memiliki kulit awet muda.

4 dari 5 halaman

Maysie Strang berusia 102 tahun hobi makan pisang

berusiaMaysie Strang. ©2018 Mirror.co.uk

Maysie Strang, seorang nenek berusia 102 tahun dari golongan centenarian yang hobi minum minuman alkohol dan merokok tapi umurnya panjang. Jarang sekali ada orang yang melakukan hal tersebut memiliki umur panjang. Apa rahasia nenek Maysie?

Dari beberapa laporan yang ada, nenek Maysie yang berasal dari Glasgow ini gemar mengonsumsi pisang dan memastikan dirinya selalu bahagia. Anaknya mengatakan, "Ibuku adalah seorang yang sangat suka pisang. Saking sukanya, ia bisa dibilang sangat fanatik akan buah pisang. Sejak ia masih muda, pisang telah menjadi makanan utamanya. Ia akan selalu konsumsi pisang setiap hari. Ia juga akan ngemil pisang ketika ia lapar. Mungkin, inilah yang menjadikannya baik-baik saja meski ia juga seorang perokok dan peminum aktif."

Menurutnya, nenek Maysie tidak memiliki catatan medis yang buruk. Semua organ tubuhnya sehat. Meskipun usianya di atas 100 tahun, tapi penampilannya seperti usia 60 sampai 70 tahun.

5 dari 5 halaman

Besse Cooper menjauhi makanan junk food

menjauhi makanan junk food rev1Besse Cooper. ©2018 Guinness World Records

Besse Cooper yang berusia 118 tahun memiliki rahasia umur panjang yang wajib diketahui semua orang. Besse Cooper mengatakan, rahasia hidup panjangnya karena menjauhi makanan junk food.

"aku hanya memikirkan urusanku sendiri dan menjauhi makanan tak sehat, junk food," kata dia, berkomentar untuk Guinness World Records.

Sydney Cooper, putra Besse, juga menyebut, usia panjang ibunya disebabkan gaya hidupnya yang aktif, hidup sehat, dan pribadinya yang tegar. Besse menghindari makanan berlemak dan banyak makan sayuran. Besse juga rajin memelihara rerumputan dan menyapu. [did]

Baca juga:
Berusia seabad, jemaah haji tertua tahun ini berasal dari Indonesia
Li Yuzhen, fotografer tertua di dunia berusia 104 tahun
Ini sosok Mbah Suparni, wanita tertua asal Yogya berusia 117 tahun
Mengenal Mbah Suparni, manusia tertua asal Yogya berusia 117 tahun
Manusia tertua di Yogya punya anak 2, 4 cucu dan 6 cicit
Manusia tertua asal Yogya kuat tak makan 5 hari & hobi tidur di luar
Suparni, manusia tertua di Yogyakarta bisa bahasa Belanda dan Jepang

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Manusia Super
  3. Orang Tertua
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini