Kisah Para Presiden di Dunia Ogah Dikawal Ketat Paspampres

Kamis, 21 Februari 2019 06:20 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Kisah Para Presiden di Dunia Ogah Dikawal Ketat Paspampres Paspampres kawal Jokowi-JK. ©2014 merdeka.com/muhammad lutfhi rahman

Merdeka.com - Tidak mudah tugas pasukan pengamanan presiden atau Paspampres. Di beberapa negara, justru ada kepala negara atau presiden enggan dikawal ketat dalam momen-momen tertentu.

Berikut ini kisah para presiden yang ogah dikawal ketat Paspampres:

1 dari 3 halaman

Presiden Meksiko Tak Ingin Dikawal

Presiden terpilih Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. ©2018 BCC

Saat baru terpilih menjadi presiden pada 1 Juli 2018, Andres Manuel Lopez Obrador atau AMLO mendapatkan haknya sebagai presiden. Salah satunya pengawalan Paspampres. Namun, dua hari usai dilantik, tiba-tiba Amlo menolak menggunakan Paspampres. Alasannya agar lebih dekat dengan rakyat.

"Saya tidak ingin pengawal, artinya rakyat akan menjaga dan melindungi saya," kata Amlo.

"Saya tidak ingin bepergian dengan pengawalan ketat Paspampres. Saya ingin kalian menjaga saya, saya ingin rakyat melindungiku," akunya ketika berkampanye di negara bagian Hidalgo pada bulan Mei.

Salah satunya saat ia naik pesawat komersil dan duduk di kelas ekonomi menuju Sinaloa. Amlo hanya ditemani oleh lima pengawal. Ia duduk bersama penumpang lainnya, dan membiarkan penumpang lain mencium, memeluk dan memfotonya.

"Tentu saja, fotolah seperti apa pun yang Anda suka," katanya.

Saat itu, pengawal Amlo tak terlihat mendekati presiden. Padahal Amlo sudah difasilitasi pesawat Boeing Dreamliner 787-8. Namun ia memilih menggunakan pesawat komersil untuk melihat langsung kondisi warganya.

"Bagaimana saya bisa naik pesawat ini ketika begitu banyak kemiskinan di Meksiko," ucapnya

2 dari 3 halaman

Presiden Suriah Mengendarai Mobil Tanpa Pengawal

Presiden Suriah Bashar Al Assad. ©REUTERS/SANA

Presiden Suriah Bashar al-Assad mengendarai mobilnya sendiri tanpa pengawalan ke wilayah konflik di Ghouta Timur, di dekat Damaskus, Senin 19 Maret 2018. Ia mengendarai mobil melintasi puing-puing bangunan dan lalu lalang kendaraan.

"Kita akan memasuki wilayah Ghouta untuk meninjau situasi terkini," kata Assad dalam video yang diunggah ke Twitter.

Ghouta Timur menjadi wilayah yang sudah dikuasai oleh pemerintah Suriah. Presiden Bashar datang untuk mengucapkan selamat kepada para tentara yang bertugas, dan mengucapkan kebanggaannya pada mereka.

3 dari 3 halaman

Presiden Jokowi Blusukan Bersama Danpaspampres

Jokowi di Tambak Lorok. Youtube/sofan fitri

Kalau di Indonesia, ada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Ia sering melakukan blusukan ke kampung-kampung. Bahkan salam satu momen, blusukan Presiden Jokowi minim pengawalan dari Paspampres.

Salah satu contohnya saat ia berkunjung ke Tambak Lorok, Semarang, Minggu (3/2) beberapa pekan lalu. Ia hanya ditemani seorang pengemudi yang diketahui seorang Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. Kemudian, Jokowi turun dari mobil dan langsung berbincang dengan nelayan di sana.

Salah satu warga, Haji Sueb mengatakan melihat Jokowi datang sendiri. Sueb mengaku dirinyalah yang menjadi pengawal Jokowi selama kunjungan ke Tambak Lorok.

"Saya yang kawal ketat amankan Pak Joko Widodo keliling. Bisa katakan jika ada apa-apa dengan beliau, saya pertaruhkan nyawa saya. Ya itung-itung jadi Paspampres dadakan," jelas Sueb yang terlihat senang. [has]

Baca juga:
Profil Maruli Simanjuntak, Jenderal Bintang Dua Sopiri Jokowi Saat Blusukan
Pengakuan Danpaspampres Jadi Sopir Jokowi saat Blusukan ke Tambak Lorok
Cerita Haji Sueb jadi 'Paspampres' Dadakan Saat Jokowi Blusukan di Tambak Lorok
Jokowi Tetap Dikawal Paspampres saat Blusukan Malam Hari di Tambak Lorok Semarang
Pasca Ledakan, Paspampres Perketat Pengamanan Lokasi Debat Kedua Capres

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini