Jonathan Si Kura-Kura, Hewan Darat Tertua di Dunia Rayakan Ulang Tahun ke-190

Minggu, 4 Desember 2022 11:01 Reporter : Hari Ariyanti
Jonathan Si Kura-Kura, Hewan Darat Tertua di Dunia Rayakan Ulang Tahun ke-190 Jonathan, hewan darat tertua di dunia. ©ianluigi Guercia/AFP/Getty Images

Merdeka.com - Pulau St Helena di Atlantik Selatan merayakan ulang tahun ke-190 hewan darat tertua di dunia, kura-kura darat raksasa Seychelles bernama Jonathan.

Rumah gubernur St Helena, di mana Jonathan tinggal, dibuka selama tiga hari untuk umum. Para pengunjung bisa datang untuk merayakan ulang tahun hewan melata itu.

Para pejabat di pulau itu juga membuat sejumlah stempel peringatan ulang tahun si Jonathan, dikutip dari laman CNN, Minggu (4/12).

Tidak ada catatan tanggal kelahiran Jonathan, tapi kura-kura itu diperkirakan lahir sekitar 1832. Jonathan dibawa ke St Helena dari Seychelles pada 1882 sebagai hadiah untuk Sir William Grey-Wilson, yang kemudian menjabat gubernur.

Namun menurut kepala dinas pariwisata di St Helena, usia Jonathan sebenarnya bisa sampai 200 tahun.

Menurut Guinness World Records, Jonathan juga merupakan chelonian tertua, kategori hewan meliput semua jenis penyu, terapin, dan kura-kura darat.

Di St Helena, Jonathan dianggap seperti selebritas. Jonathan hidup bersama tiga kura-kura darat raksasa lainnya yaitu David, Emma, dan Fred.

Walaupun usia lanjut membuat Jonathan buta dan kehilangan indera penciuman, pendengarannya masih jelas. Menurut Guinness World Records, Jonathan bisa mendengar dengan baik suara dokter hewannya.

Menurut dokter hewan yang merawat Jonathan, Joe Hollins, kura-kura itu masih memiliki banyak energi. Jika cuaca cerah, hewan tersebut akan berjemur.

"Leher dan kakinya yang panjang akan terentang keluar sepenuhnya dari cangkangnya untuk menyerap panas dan memindahkannya ke bagian tengah badannya," jelas Hollins.

Saat cuaca dingin, Jonathan lebih senang bersembunyi di rimbunan perdu sepanjang hari.

"Terlepas dari usianya, Jonathan masih punya libido yang kuat dan sering terlihat kawin dengan Emma dan kadang-kadang Fred - hewan seringkali tidak peka gender," jelas Hollins.

Baca juga:
Aksi Misterius Sekawanan Domba, Berjalan Melingkar Selama 12 Hari
Bangsa Maya Kuno Punya Tradisi Saling Beri Hadiah Monyet Betina, Ini Tujuannya
Dianggap Punah, Kerang yang Hidup 30.000 Tahun Lalu Ternyata Masih Ada
Temuan Mengejutkan, Gurita Punya Sifat Kanibalisme
Darah Buatan Laboratorium Pertama Kalinya Disuntikkan ke Manusia, Begini Hasilnya
Parasit Ini Bikin Makhluk Hidup Lain Jadi Zombi
Ilmuwan Temukan Jejak Kaki Kura-Kura Paling Utuh Terawat Berusia 100 Juta Tahun
Wabah Besar Malaria di Ethiopia Dipicu Serbuan Nyamuk dari Asia
Seekor Kera Mati Dijadikan Hewan Percobaan di Laboratorium Inggris

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini