KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Duterte janji siap lengser jika terbukti korupsi Rp 527 miliar

Jumat, 17 Februari 2017 21:06 Reporter : Pandasurya Wijaya
Jokowi dan Duterte di Pasar Tanah Abang. ©2016 merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan dia siap mundur dari jabatannya jika lawan politiknya, Senator Antonio Trillanes, mampu membuktikan dia korupsi senilai Rp 527 miliar.

Koran the Striats Times melaporkan, Jumat (17/2), Trillanes yang juga sempat menuding Duterte korupsi pada kampanye pilpres tahun lalu mengatakan Duterte juga tidak bisa menjelaskan transaksi di bank senilai Rp 85 miliar dari istri dan putrinya.

Trillanes mengatakan dia mendapat dokumen yang menjadi dasar tuduhannya dari 'warga yang peduli'.

"Kalau Trillanes bisa membuktikan tuduhannya bahwa saya punya uang senilai itu dari korupsi atau jika rekening bank atas nama saya berisi uang setengah miliar saja, saya akan segera mundur sebagai presiden," kata Duterte dalam sebuah pidato yang dirilis halaman kantor kepresidenan di Facebook.

Kamis lalu Trillanes menantang Duterte untuk memperlihatkan rekening banknya kepada publik.

Dalam pidato teranyarnya Duterte mengatakan keluarga tidaklah miskin dan dia mendapat warisan dari mendiang ayahnya. Istrinya, Hponeylet Avancen juga punya bisnis donat 18 tahun lalu dan memasok daging ke lima supermarket di Davao.

Putri Duterte yang juga Wali Kota Davao, Sara Duterte kemudian menantang Trillanes untuk menunjukkan di mana uang hasil korupsi ayahnya itu disimpan.

"Saya akan membagikannya kepada rakyat," kata dia. [pan]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.