Tips instan hilangkan rasa pedas di mulut

    Reporter : Rizqi Adnamazida | Sabtu, 6 Oktober 2012 18:44

    Tips instan hilangkan rasa pedas di mulut
    Ilustrasi makan cabai. ©2012 Shutterstock/Karyna Che

    Merdeka.com - Pecinta makanan pedas tidak akan pernah jera menikmati sensasi rasa terbakar di mulut mereka. Namun bagi Anda yang kurang suka menikmati rasa pedas di mulut, segera lakukan hal seperti yang dilansir dari eHow ini untuk menghilangkannya secara instan.

    Susu
    Sebelum menikmati kuliner pedas, jangan lupa menyiapkan segelas susu sebagai penawarnya. Sebab susu memiliki senyawa bernama casein yang bersifat mengikat capsaicin yang merupakan pemberi rasa pedas pada cabai. Setelah terikat, rasa pedas dalam mulut pun ikut diguyur ke dalam lambung.

    Es krim
    Selain susu, Anda yang kepedasan juga sebaiknya cepat-cepat menikmati es krim. Sebab es krim setidaknya bisa mendinginkan mulut yang terasa terbakar. Kalau tidak suka es krim, Anda juga bisa menyantap yogurt demi menghilangkan rasa pedas.

    Lemon
    Sama seperti susu dan es krim, manfaatkan juga lemon atau buah-buahan asam untuk mengatasi rasa pedas. Istirahatkan mulut dan lidah sejenak dari rasa terbakar jika masih ingin menikmati makanan pedas.

    Selai kacang
    Selai kacang yang berlemak memiliki sifat seperti senyawa casein pada susu. Lemak tersebut mengikat capsaicin dan mendorong rasa pedas pada mulut hilang secara instan.

    Nasi
    Nasi atau roti mengandung glukosa yang bisa menyeimbangkan rasa pedas dalam mulut. Namun Anda tidak perlu mengunyah sepiring nasi hanya demi mengatasi rasa terbakar. Cukup kunyah agak lebih lama dari biasanya agar rasa pedas lekas hilang.

    Mouthwash
    Beberapa jenis cairan untuk berkumur atau mouthwash mengandung alkohol yang juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pedas. Jadi Anda juga bisa memanfaatkan mouthwash jika ingin cepat-cepat mengusir rasa terbakar pada mulut.

    Tips yang paling penting adalah hindari minum air saat kepedasan. Sebab capsaicin merupakan minyak dan sifatnya tidak akur dengan air. Makanya, minum air hanya akan membuat rasa pedas semakin menyebar dan mulut akan merasakan sensasi terbakar yang lebih parah.

    [riz]

    Komentar Anda


    Suka artikel ini ?
    Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman


    Be Smart, Read More
    Back to the top
    Today #mTAG
    LATEST UPDATE
  • Ini syarat calon kepala daerah yang ingin maju dari jalur independen
  • Dikpora Mataram umrahkan guru yang siswanya dapat nilai tinggi
  • Pedagang beras di Kelapa Gading ngeluh omzet menurun 20 persen
  • Sambangi markas Din Minimi, TNI terlibat kontak senjata di Pidie
  • AS siap bantu dana untuk merawat pengungsi Rohingya
  • Presiden Jokowi bakal pimpin rapat besar 432 kepala daerah
  • Kemenkeu dorong pemda punya penilai aset
  • Pulang mengurus KTP, kakek Sutarmin tewas ditabrak motor
  • 2 Hal ini jadi tanda terlalu narsis di Facebook
  • Pasar Simpang Ampek Sumbar terbakar, satu orang tewas
  • SHOW MORE