Merdeka.com tersedia di Google Play



    Apakah Anda adalah ayah yang baik?

    Reporter : Kun Sila Ananda | Rabu, 1 Agustus 2012 11:06


    Apakah Anda adalah ayah yang baik?
    Ilustrasi Ayah baik. ©shutterstock.com/Odua Images

    Merdeka.com - Semua ayah pasti akan melakukan apapun untuk kebahagiaan anaknya. Tetapi, apa yang sebenarnya diinginkan anak-anak dari ayah mereka? Apa yang membuat Anda menerima predikat 'ayah terbaik'? Simak ciri-ciri ayah baik, seperti dikutip dari Times of India (30/07), berikut ini.

    1. Responsif
    Respon ayah sangat penting bagi seorang anak. Berikan mereka apresiasi terhadap hal-hal yang telah mereka lakukan. Ini akan membuat kedekatan hubungan ayah dan anak meningkat.

    2. Tingkatkan kepercayaan diri anak
    Anak dengan harga diri tinggi biasanya lebih berbahagia dan lebih percaya diri. Ayah harus selalu terlibat dalam kehidupan anak untuk menunjukkan betapa berharganya mereka. Dengan begitu anak akan merasa selalu dihargai.

    3. Tepati janji
    Sembari menemani pertumbuhan anak, ayah harus selalu memegang anji-janji yang diucapkannya. Ini akan menjadi pondasi kepercayaan yang kokoh antara ayah dan anak. Ini juga mengajarkan anak untuk selalu menepati janji mereka dan bertindak jujur.

    4. Menjadi guru sekaligus teman
    Ajari anak dengan lunak, bukan bersikap menggurui. Bersikaplah ramah. Mengajarkan kebaikan melalui cara yang keras tak akan berhasil pada anak. Alih-alih anak akan merasa takut pada sang ayah.

    5. Memberikan bimbingan
    Bimbingan adalah hal yang diperlukan anak saat mereka mulai tumbuh mendewasa. Ada masa-masa mereka harus dibimbing dan membutuhkan seseorang yang mereka percaya untuk membimbing mereka. Tanda bahwa Anda sudah berhasil menjadi ayah terbaik adalah ketika mereka datang menceritakan masalah pribadi mereka pada Anda.

    6. Menjadi teladan
    Orang tua adalah teladan bagi anak-anak mereka. Baik disadari atau tidak, anak selalu memperhatikan gerak-gerik orang tua mereka. Jadi jika ingin anak berperilaku baik, mulailah dengan berperilaku baik untuk diri Anda sendiri. Mereka akan mencontoh apa yang dilakukan oleh ayah dan ibu mereka.

    7. Seimbangkan disiplin dengan permainan
    Anak-anak memang membutuhkan disiplin. Namun mereka tak harus terus-terusan bersikap kaku karena disiplin yang diterapkan orang tua. bersikaplah lunak sekali-sekali. Ayah yang baik adalah yang tahu batas waktu antara kedisiplinan dan bersenang-senang.

    8. Ajarkan keterampilan hidup yang penting
    Sebagian besar keterampilan hidup dipelajari anak dari rumah. Ayah memiliki kesempatan untuk mengajarkan anak-anak mereka keterampilan penting yang bisa mereka gunakan saat dewasa. Keterampilan ini akan membuat anak-anak produktif saat mereka dewasa.

    9. Waktu dan toleransi
    Hal terpenting yang bisa diberikan orang tua bagi anak-anak mereka adalah waktu mereka. Bersamaan dengan waktu, ayah juga harus belajar bertoleransi dengan anak untuk mengenal satu sama lain. Saat berkumpul bersama, nikmatilah komunikasi yang terjadi antara ayah dan anak. Jadilah lembut dan ramah. Ini akan menjadi pembelajaran yang penting dan menyenangkan bagi sang anak, terutama dalam hal toleransi.

    10. Cinta, cinta, dan lebih banyak cinta
    Cinta tak sekedar ucapan "Aku sayang kamu," tetapi juga berbentuk perilaku, saat ayah menghabiskan waktu berkualitasnya bersama anak-anak. Anak-anak yang dibesarkan dengan cinta oleh sang ayah akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih kuat dan percaya diri.

    Para ayah, ayo cek diri Anda berdasarkan 10 poin di atas! Apakah Anda sudah bisa disebut sebagai ayah yang baik?

    [kun]

    Komentar Anda


    Smart people share this
    Back to the top

    Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
    LATEST UPDATE
  • Pilot Virgin Australia VA41 laporkan pembajakan ke ATC
  • Potong TPP PNS Sumsel, Alex Noerdin diancam anak buah lewat SMS
  • Temuan bayi dalam kardus gegerkan warga Malang
  • Pawang Hujan Rajes Kumar pernah ikut padamkan kebakaran di Medan
  • Kemenhub sudah terima laporan pesawat Virgin Blue dibajak
  • Kepala BIN: Ada pembajakan pesawat, sudah diselidiki
  • Mabes Polri sudah terima laporan pembajakan pesawat di Bali
  • Jadi peringkat 2, komedian Oni protes ke KPU Jabar
  • Tepati janji, Pangeran William - Kate Middleton kunjungi veteran
  • Pesawat Virginblue diduga dibajak dan mendarat di Bali
  • SHOW MORE