6 Hal tentang London yang tak Anda ketahui

Reporter : Kun Sila Ananda | Selasa, 17 Juli 2012 15:09




6 Hal tentang London yang tak Anda ketahui
London Bridge. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Merasa tahu banyak hal tentang London? Eits, jangan yakin dulu. Bisa jadi Anda tak mengetahui beberapa fakta yang dirangkum oleh Reader Digest Asia, berikut ini.

1. Kota terbesar Eropa
London adalah kota terbesar di Eropa yang berpenduduk lebih dari 7 juta orang. Pada masa ROmawi, populasi di London terdiri atas banyak etnis (bangsa yahudi, muslim, dan Belanda). Saat ini terdapat 200 etnis berbeda yang menetap di London. Tak hanya itu, di London Anda juga bisa menemui 300 bahasa yang berbeda.

2. Kebakaran besar London
London pernah mengalami 15 kebakaran besar. Namun yang paling besar adalah The Great Fire of London yang menghanguskan bagian utama City of London selama empat hari di tahun 1666. Meski meratakan sebagian besar gedung bersejarah di London, tetapi akhirnya kebakaran ini membuat pemerintah London bisa merancang jalan dan bangunan di London menjadi lebih baik. Monument of Pudding Lane setinggi 202 kaki dibangun untuk mengenang kebakaran terbesar ini.

3. Kekayaan budaya London
London memiliki 300 museum, lebih dari 200 tempat pertunjukan, dan lebih dari 250 galeri di seluruh kota. Sekitar 51% masyarakat London mengunjungi setidaknya satu museum atau galeri setiap 12 bulan.

4. London Bridge
London Bridge yang ada saat ini sebenarnya adalah jembatan ketiga dengan nama yang sama yang melintasi sungai Thames. Jembatan pertama dibangun pada 1209 dan terdiri atas banyak rumah dan toko. Kemudian jembatan tersebut diganti dengan jembatan kedua yang dibangun pada tahun 1831. Jembatan ini kemudian dijual dan dipindahkan pada tahun 1968. Jembatan yang ada saat ini dibangun pada tahun 1973.

5. Terowongan bawah tanah London
London adalah kota pertama di dunia yang memiliki kereta api bawah tanah. Kereta api bawah tanah ini dinamakan 'Tube'. Selama Perang Dunia II, Tube menjadi tempat berlindung bagi ribuan penduduk setiap malam. Pada masa itu, disediakan 22.000 tempat tidur dan kamar mandi. Kereta yang beroperasi juga digunakan untuk membawa hingga tujuh ton makanan dan 2.400 galon teh setiap hari.

6. London Olympic Stadium
Jika dilihat dari beratnya, maka London Olympic Stadium adalah stadion olahraga paling ringan yang pernah dibangun. Atap stadion yang bisa menampung hingga 80.000 orang ini dibuat dari 2.500 ton tabung baja yang merupakan bekas tabung gas.

Hal-hal di atas jarang sekali menjadi sorotan para wisatawan yang berkunjung ke London, sehingga jarang diketahui banyak orang. Tetapi, sekarang Anda sudah tahu semuanya, kan?

[kun]


Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Jennifer Lawrence & Bradley Cooper kembali bersama di 'SERENA'
  • Pengunggah foto syur berbaju PNS kelola blog porno sejak kuliah
  • Saksi sebut Machfud Suroso temui pimpinan KPK buat gertak Wafid
  • Kemendikbud sayangkan Rektorat Unas bekukan kegiatan mahasiswa
  • Puan Maharani: Suhardi tokoh yang membumi
  • Stres, Florence harap warga Yogya memaafkan & cabut laporannya
  • Santroni Indomaret Ciledug, perampok sempat pura-pura ke ATM
  • Panglima militer Hamas selamat dari serangan Israel
  • Ekonomi sulit, perbankan ramai-ramai revisi target bisnis
  • Perampok Indomaret di Ciledug gondol uang Rp 20 juta
  • SHOW MORE