Pidato di Amerika, Gita Wirjawan puji kebijakan ekonomi SBY

Minggu, 25 Oktober 2015 13:50 Reporter : Saugy Riyandi
Pidato di Amerika, Gita Wirjawan puji kebijakan ekonomi SBY Gita Wirjawan. ©2013 Merdeka.com/M. Luthfi Rahman

Merdeka.com - Mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan memuji kepemimpinan Presiden keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Menurut Gita, SBY berhasil meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) hingga tiga kali lipat dalam sepuluh tahun.

"Indonesia pada kepemimpinan Presiden Soekarno PDB hanya sebesar USD 200 per tahun, Soeharto mampu hingga USD 1.200. Namun, terjadi krisis ekonomi 1998 turun jadi USD 600. Lalu, Habibie, Megawati, Gus Dur hanya mampu naik USD 1.100 per tahun. Pada 2004, SBY memimpin, dia adalah figur militer. Beliau mampu meningkatkan PDB hingga USD 3.500 per tahun atau naik tiga kali lipta selama 10 tahun," ujar dia dalam video yang diunggah Yale School of Management ke Youtube seperti dikutip merdeka.com di Jakarta, Minggu (25/10).

Dalam video tersebut, Gita tengah mengisi kuliah umum di Yale School of Management, Amerika Serikat pada 22 Oktober 2015. Mantan Presiden Direktur JP Morgan ini memnjelaskan tentang masalah ekonomi-ekonomi yang dihadapi Asia Tenggara khususnya Indonesia.

Dilihat dari data, Gita menegaskan Indonesia memiliki pertumbuhan PDB yang paling sejak dipimpin Presiden SBY. Bahkan, Indonesia mengalahkan Thailand, Singapura dan Malaysia dalam kestabilan menjaga PDB.

"Kami memiliki pertumbuhan PDB yang konsisten sebesar lima hingga tujuh persen dalam 10 tahun. Kecuali pada 2008 kami hanya tumbuh 0,5 persen," kata dia.

Mantan Kepala BKPM ini menambahkan kelas menengah Indonesia juga tumbuh hingga 60 juta orang dalam waktu 10 tahun. Dengan begitu, lanjut dia, pendapatan per kapita pun meningkat.

"Saya yakin, dengan adanya kepemimpinan yang baru, Presiden Joko Widodo dengan pemilihan yang sangat demokratis akan mampu meningkatkan ekonomi di Indonesia," pungkas dia.

Berikut video Gita WIrjawan saat kuliah umum tersebut:

[bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini