Pertamina bisa berhemat besar berkat Trans Papua

Selasa, 30 Oktober 2018 20:29 Reporter : Merdeka
Pertamina bisa berhemat besar berkat Trans Papua Pertamina. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - PT Pertamina (Persero) merasakan manfaat pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah di wilayah terluar, terdepan, dan terpencil (3T). Sebab, dapat menghebat biaya transportasi dalam pelaksanaan program Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga.

Project Coordinator BBM Satu Harga Retail Fuel Marketing Pertamina, Zibali Hisbul Masih, mengatakan pembangunan infrastruktur jalan di wilayah Papua, tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat tetapi juga bagi Pertamina selaku badan usaha yang bertugas menyalurkan BBM.

"Pemerintah‎ lagi giat bangun jalan Trans Papua, kalau Wamena itu sudah jalan terkoneksi itu akan sangat membantu," kata Zibali, di Jakarta, Selasa (30/10).

Menurut Zibali, keberadaan jalan lintas atau Trans Papua dapat menghemat biaya penyaluran BBM yang masuk dalam program BBM satu harga. Bahkan Pertamina tidak perlu lagi mengangkut BBM dengan menggunakan pesawat, dengan terbukanya jalur transportasi darat‎ tersebut.

"Wamena bisa memasok ke empat kabupaten sekitarnya, Mangrango, Tengah, Yalimo, Tolikara. Sudah seperti itu bisa lewat darat sekarang sudah dijalankan. Langsung dari Jayawijaya ke Tolikara pakai pesawat, dari Wamena ke Tolikara jalan darat. Dari Obano, Pangiya itu pakai darat," paparnya.

Zibali mengungkapkan, Pertamina harus mengeluarkan Rp 40.000 sampai Rp 50.000 untuk ‎biaya penyaluran BBM per liter, dalam melaksanakan program BBM satu harga dengan menggunakan pesawat‎. Sedangkan, jika jalur darat hanya mengeluarkan Rp 500 sampai Rp 1.000 untuk per liter BBM yang disalurkan.

"‎Paling ekstrim pakai air traktor (pesawat udara pengangkut BBM)itu Rp 40-50 ribu per liter untuk ongkos distribusi saya, kalau darat ongkos angkutnya Rp 500-1000‎ tergantung kondisi medannya," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6 [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini