Per 27 Juni, Dana Asing Masuk Indonesia Capai Rp 154 Triliun

Jumat, 28 Juni 2019 14:14 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Per 27 Juni, Dana Asing Masuk Indonesia Capai Rp 154 Triliun Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo. ©2018 Merdeka.com/Yayu

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) mencatat jumlah arus modal asing yang masuk Indonesia masih cukup besar. Modal asing masuk melalui baik melalui SBN (Surat Berharga Negara) maupun saham.

Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo, mengatakan per 27 Juni atau year to date, tercatat jumlah modal asing yang masuk mencapai Rp 154 triliun.

"Paling tidak inflow sampai dengan year to date sampai 27 Juni itu jumlahnya sekitar Rp 154 triliun," kata dia, di Gedung BI, Jakarta, Jumat (28/6).

Angka tersebut, jelas Dody terdiri atas modal asing yang masuk lewat SBN sebesar Rp 90 triliun. Sisanya sebesar Rp 60 triliun, masuk lewat saham.

"Terdiri masuk melalui SBN dan melalui saham. Dua instrumen yang paling besar membawa inflow ke perekonomian," ungkapnya.

Masuknya dana asing, dinilai Bank Indonesia, merupakan tanda bahwa kepercayaan investor terhadap perekonomian Indonesia yang masih tinggi. "Artinya confidence dari investor untuk equity itu cukup besar. Karena tentunya investor akan memerhatikan earning daripada korporasi, issuer dari saham. Mereka tentu akan mengkaitkan dengan pertumbuhan ekonomi yang proyeksinya masih cukup baik di 2019," tandas dia. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini