Pengusaha Harap Presiden Terpilih Mampu Jaga Iklim Usaha dan Investasi RI

Selasa, 23 April 2019 21:06 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Pengusaha Harap Presiden Terpilih Mampu Jaga Iklim Usaha dan Investasi RI Jokowi dan prabowo di istana. ©2016 merdeka.com/rizky erzi andwika

Merdeka.com - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani mengatakan, para pengusaha berharap pasangan calon yang akan dinyatakan sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih menurut KPU, mampu menjaga situasi politik, iklim usaha, dan iklim investasi tetap stabil serta berkesinambungan.

"Karena tidak akan ada investasi yang masuk ke Indonesia apabila tidak ada kepastian dan kenyamanan mengenai politik dan keamanan sedangkan kita tahu pertumbuhan kita ke depan itu akan bertumpu besar kepada investasi yang masuk ke Indonesia," kata dia, di Djakarta Theater, Jakarta (23/4).

Hal berikut yang diharapkan pelaku usaha adalah kesediaan dari pemerintah untuk berdialog dengan dunia usaha, sehingga dapat menciptakan keputusan yang dapat mengerek kinerja dunia usaha, selanjutnya perekonomian Indonesia.

"Tantangan ekonomi sih selalu ada, tapi selama pemerintahnya selalu terbuka untuk komunikasi dgn dunia usaha, saya rasa semuanya bisa dimitigasi, semuanya bisa mencari solusi," kata dia.

Berbagai insentif fiskal yang selama ini telah diberikan oleh pemerintah diharapkan dapat lebih dimaksimalkan untuk menjadikan Indonesia tempat yang menarik bagi investasi.

"Insentif saya rasa makin baik, tapi yang penting adalah begini, insentif itu semuanya bisa terukur kapan waktu dan keputusannya. Insentif baik tapi pemberian keputusan insentif itu tidak terukur, itu tidak ada gunanya juga," imbuhnya.

Sebagai contoh, Rosan menyebut insentif fiskal berupa tax holiday yang telah diberikan pemerintah merupakan upaya yang baik untuk menarik investasi. "Itu sudah makin bagus saya rasa. Itu sudah lumayan baik. Kita juga harapkan adanya reformasi perpajakan ini juga terus berjalan," jelas dia.

"Kita sudah mulai dengan tax amnesty, kita harapkan ada kelanjutan dari potongan PPh Badan, kemudian ada kelanjutannya juga dengan semuanya lebih disimplifikasi yang sekarang sudah berjalan, baik dari segi pemeriksaan pajaknya, pelaporan pajaknya, semua makin disempurnakan," tandas Rosan. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini