Penduduk Indonesia, makin tua semakin tak bahagia

Selasa, 15 Agustus 2017 17:41 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Penduduk Indonesia, makin tua semakin tak bahagia Ilustrasi orang tua. ©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/Carme Balcells

Merdeka.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan pengukuran indeks kebahagiaan berdasarkan kelompok umur. Hasilnya, Indeks Kebahagiaan penduduk cenderung mengalami penurunan dengan semakin bertambahnya umur.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala BPS, Kecuk Suharyanto, dalam sebuah acara konferensi pers di Kantornya, Jakarta, Selasa (15/8). "Penduduk dengan umur 24 tahun ke bawah memiliki Indeks Kebahagiaan tertinggi sebesar 71,29," kata Kecuk.

Usia muda, lanjutnya, unggul pada Dimensi Kepuasan Hidup dan Dimensi Makna Hidup. Sementara itu, semakin bertambah umur maka makin tinggi Indeks Dimensi Perasaan (Affect), hingga batas umur 64 tahun, dan setelah itu mengalami penurunan.

Selanjutnya, pada Subdimensi Kepuasan Hidup Personal, nilai indeks semakin menurun seiring dengan bertambahnya umur. "Sementara, pada Subdimensi Kepuasan Penduduk Sosial, nilai indeks cenderung semakin meningkat seiring bertambahnya umur sampai pada batas umur 64 tahun," pungkasnya. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini