Pemerintah Tawarkan Subsidi Silang Siasati Mahalnya Tiket Pesawat, Begini Skemanya

Senin, 20 Juni 2022 21:46 Reporter : Anisyah Al Faqir
Pemerintah Tawarkan Subsidi Silang Siasati Mahalnya Tiket Pesawat, Begini Skemanya Sandiaga Uno. istimewa ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Kenaikan harga tiket pesawat menjadi ancaman momentum pemulihan di sektor pariwisata, ekonomi kreatif dan sektor pendukung lainnya. Pesawat sebagai akomodasi utama menjadi salah satu penentu masyarakat dalam melakukan perjalanan wisata. Menyiasati hal tersebut, pemerintah pun membuat skema subsidi silang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan, skema subsidi ulang ini bukan menaikkan harga tiket kelas tertentu untuk mensubsidi tiket kelas lainnya. Melainkan melakukan paket perjalanan wisata dari akomodasi, penginapan hingga destinasi wisata.

"Yang kita coba tempuh ini bagaimana event di daerah itu bisa dipaketkan dengan akomodasi perjalanannya," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing di Bali, Senin (20/6).

Lewat kerja sama tersebut, masing-masing pihak bisa melakukan kerja sama untuk membuat paket perjalanan wisata yang terjangkau. Misalnya perusahaan besar memberikan paket subsidi dalam paket perjalanan wisata.

"Jadi sudah termasuk hotel, penerbangan di-bundling dalam satu kesatuan, sehingga yang ditawarkan jadi terjangkau," kata Sandi.

2 dari 2 halaman

Industri Penerbangan Sulit Potong Harga

Menurut Sandi, sulit bagi pelaku bisnis sektor penerbangan memberikan potongan harga pada setiap perjalanan. Sebab selama 2 tahun pandemi, sektor ini menjadi salah satu yang terpukul. Proses pemulihannya pun tidak bisa seketika saat permintaan meningkat.

"Kalau mereka harus subsidi agar harga tiket terjangkau ini agak sulit, tapi kerja sama dengan perusahaan teknologi atau perusahaan daerah dengan membuat bundling ini bisa dilakukan," kata dia.

Sehingga wisatawan bisa mengikuti event yang diadakan di daerah atau destinasi wisata dalam satu paket perjalanan wisata yang terjangkau. Saat ini kata Sandiaga ada 50 desa wisata yang bisa dikerjasamakan. Desa-desa tersebut tersebar di seluruh Indonesia.

"Targetnya ada 50 desa anugerah wisata dan kita sudah ada di 5 desa wisata. Kemarin sudah di Halmahera Barat, Bau-bau, Sumenep, Nias dan Sedang Bagadai," kata dia.

Lima desa wisata tersebut memiliki keunikan karena menghadirkan atraksi kebudayaan lokal. Sehingga wisatawan yang datang bisa merasakan sensasi baru saat berkunjung ke desa wisata. [idr]

Baca juga:
Membongkar Penyebab Mahalnya Harga Tiket Pesawat
Tiket Pesawat Naik 70 Persen Jadi Tantangan Industri Pariwisata
Menghitung Pengaruh Harga Avtur Terhadap Kenaikan Tarif Tiket Pesawat
Tiket Pesawat Mahal Hambat Pemulihan Wisata
Harga Avtur Naik Tajam, Tiket Pesawat Indonesia-Singapura PP Tembus Rp10,5 Juta
Pesawat Batal Mendarat karena Puting Beliung, Berguncang Hebat Penumpang Menangis

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini