Pemerintah Godok Aturan Penyaluran KUR Bagi Pensiunan PNS

Kamis, 4 April 2019 17:20 Reporter : Anggun P. Situmorang
Pemerintah Godok Aturan Penyaluran KUR Bagi Pensiunan PNS PNS. www.pdk.or.id

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi-JK berencana menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS), guna mendukung jiwa wirausaha para pensiunan PNS. Hingga kini, pemerintah masih menggodok skema aturan pemberian KUR ini.

"Permenko baru harmonisasi, animo banyak. Karena animo banyak PNS, swasta rupanya mereka sudah mulai berusaha gitu menjelang pensiun," ujar Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan keuangan Kemenko Perekonomian, Iskandar Simorangkir di Hotel Harris, Jakarta, Kamis (4/4).

Iskandar mengatakan, jumlah pensiunan PNS yang memiliki jiwa wirausaha cukup besar. Meski demikian dia menegaskan, KUR pensiunan PNS nantinya hanya akan disalurkan bagi sektor produktif.

"(Sektor produktif?) Ya. Jumlah yang menginginkan banyak. Ketika melihat data banyak. Ketika PNS ternyara dia sudah bisnis kecil-kecilan. Maka itu ada usulan. Itulah latar belakangnya," jelasnya.

Iskandar melanjutkan, aturan mengenai pemberian KUR bagi pensiunan PNS ini akan rampung sebelum Mei. Sehingga bisa turut menyukseskan target penyaluran KUR tahun ini.

"April ini sudah bisa keluar Permenko. Paling mungkin Mei kali ya (bisa diajukan). Tapi secara formal sebenarnya keputusan komite sudah diputus. Sebenarnya dia sudah bisa mulai analisis," tandasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini