Menteri Sri Mulyani: Negara Dunia Siapkan Rp63,6 T Danai Riset Vaksin Virus Corona

Jumat, 27 Maret 2020 11:53 Reporter : Dwi Aditya Putra
Menteri Sri Mulyani: Negara Dunia Siapkan Rp63,6 T Danai Riset Vaksin Virus Corona Menteri Sri Mulyani bersama Tito Karnavian dan Nadiem Makarim. ©Humas Kemenkeu

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyebut negara dunia khususnya yang tergabung dalam G-20 akan mengalokasikan dana riset sebesar USD 4 miliar atau setara Rp63,6 triliun (asumsi Rp15.917 per USD) untuk penemuan vaksin virus corona atau Covid-19. Hal itu dia sampaikan usai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam KTT Virtual G-20, Kamis (26/3) malam.

"Di antara para Menkeu ada indikatif alokasikan USD 4 miliar yang dimobilisasi seluruh negara dunia terutama G-20 untuk akselerasi riset dan temukan antivirus atau vaksin pandemi Covid-19. Ini sedang dibahas bersama dalam level Menkeu anggota G-20," kata Menteri Sri mulyani seperti ditulis Jumat (27/3).

Menteri Sri Mulyani mengatakan seluruh anggota G-20 sepakat untuk secara bersama-sama memerangi pandemi virus corona ini. Para pimpinan anggota G-20 juga akan menggandeng WHO dan Global Alliance for Vaccines and Immunization (GAVI) untuk lakukan kolaborasi riset tersebut.

1 dari 1 halaman

Negara Dunia Saling Pelajari Penanganan Covid-19

saling pelajari penanganan covid 19 rev10

Bendahara Negara ini menambahkan saat ini seluruh negara saling mempelajari pola penanganan terhadap wabah Covid-19 yang berlangsung di masing-masing negara. Dengan begitu, diharapkan pandemi Covid-19 bisa segera ditangani secara efektif.

Sebelumnya, Menteri Sri Mulyani menyebut bahwa Rapat Khusus KTT G20 memutuskan bahwa para pemimpin negara-negara anggota G20 sepakat untuk memerangi covid-19. Penanganan pandemi virus corona menjadi paling utama karena terkait dengan menyelamatkan nyawa manusia.

"Tidak hanya masalah kesehatan tapi tragedi kemanusiaan. Semua negara dunia mencoba mengurangi risiko penyebaran," ucap Menteri Sri Mulyani.

[bim]

Baca juga:
Mendikbud Nadiem Salut 15.000 Mahasiswa Siap Jadi Relawan Tangani Corona
Ada Cahaya di Ujung Lorong, Deretan Optimisme dalam Perang Melawan Pandemi Corona
Kembangkan Vaksin Corona dalam Setahun, Kemenristek Siapkan Rp20 Miliar
Membedah Bentuk Corona COVID-19 Dipaparkan oleh Ahli Virus
Sebaran Data Pasien Positif Covid-19 25 Maret 2020, DKI Bertambah Jadi 463
Ketua IDI: Jangan Tunggu Lama, Segera Isolasi Jika Hasil Rapid Test Positif Corona
Dampak Corona,Pemerintah Diminta Pikirkan Nasib Pekerja Angkutan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini