Menteri Bahlil: Keberpihakan Pemerintah dan Perbankan ke UMKM Belum Maksimal

Senin, 14 Juni 2021 15:15 Reporter : Sulaeman
Menteri Bahlil: Keberpihakan Pemerintah dan Perbankan ke UMKM Belum Maksimal Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. ©2020 Merdeka.com/Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia mengakui keberpihakan pemerintah dan perbankan terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masih rendah. Hal ini tercermin dengan minimnya realisasi penyaluran kredit bank bagi UMKM.

"Nah, harus kita akui keberpihakan kita khususnya perbankan dan pemerintah kepada UMKM ini belum maksimal," ungkapnya dalam Webinar Shopee bertajuk UMKM Indonesia Menuju Pasar Global, Senin (14/6).

Bahlil mencontohkan, pada tahun 2019 akhir saat kredit lending atau total di Indonesia mencapai angka Rp6.000 triliun. Saat itu, terbagi Rp300 triliun untuk membiayai investasi luar negeri dan sisanya Rp5.700 triliun untuk membiayai investasi dalam negeri.

Sedangkan, alokasi yang diberikan kepada UMKM hanya mencapai 18,2 persen. Angka tersebut setara Rp1.127 triliun dari total kredit lending sebesar Rp6.000 triliun.

"Jadi, tahu nggak berapa untuk UMKM?. Itu tidak lebih dari Rp1.127 triliun atau setara dengan 18,2 persen," terangnya.

Baca Selanjutnya: Faktor Penyebab...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini