Menperin: Revolusi Industri 4.0 Dorong Kemajuan Sektor Manufaktur

Senin, 5 April 2021 18:45 Reporter : Anisyah Al Faqir
Menperin: Revolusi Industri 4.0 Dorong Kemajuan Sektor Manufaktur Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita. ©2020 Liputan6.com/Tira Santia

Merdeka.com - Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan revolusi industri 4.0 akan memberikan manfaat untuk mendorong kemajuan sektor manufaktur Indonesia. Industri 4.0 akan merevitalisasi sektor manufaktur menjadi lebih efisien, menghasilkan produk berkualitas dan menarik investasi asing masuk ke sektor industri.

"Revolusi industri 4.0 dinilai akan memberikan beberapa manfaat untuk mendorong industri manufaktur," kata Agus dalam FMB 9: Industri 4.0 Menuju Pemulihan Ekonomi, Jakarta, Senin (5/4).

Menurut dia, menjadi sebuah keharusan bagi pemerintah untuk mendorong dan memfasilitasi kebutuhan sektor industri. Sehingga sektor industri pengolahan ini bisa mengadopsi industri 4.0 secara optimal.

"Oleh karena itu pemerintah mendorong dan memfasilitasi kebutuhan sektor industri untuk mengadopsi industri 4.0," katanya.

Agus mengatakan, Kementerian Perindustrian sejak tahun 2018 telah memberikan berbagai fasilitas agar industri manufaktur bisa melakukan transformasi digital. Mulai dari membuat program Industri 4.0 indeks (Indi 4.0) untuk mengetahui kesiapan perusahaan manufaktur mengimplementasikan revolusi 4.0.

Membangun kolaborasi dan sinergi antara pemangku kepentingan untuk mengakselerasi transformasi 4.0. Memberikan pelatihan khusus bagi para pemimpin perusahaan dalam penerapan industri 4.0. Membangun pusat inovasi SDM yang memiliki lima layanan yakni show case center, capability center, ecosystem industri 4.0, delivery center, dan innovation center.

Pemerintah juga menyiapkan Industri Kecil Menengah (IKM) untuk mengadopsi penggunaan teknologi digital melalui program E-Smart IKM. Terakhir, memberikan penghargaan kepada perusahaan yang telah bertransformasi ke revolusi industri 4.0.

Baca Selanjutnya: Upaya Pemerintah Dinilai Cukup Baik...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini