Menko Luhut Undang Investor Jerman Jadikan Indonesia Hub Manufaktur Kawasan ASEAN

Selasa, 20 Oktober 2020 10:24 Reporter : Anisyah Al Faqir
Menko Luhut Undang Investor Jerman Jadikan Indonesia Hub Manufaktur Kawasan ASEAN Luhut Panjaitan. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Pemerintah Federal Jerman membuat Pedoman Kebijakan Indo-Pasific pada September lalu. Dalam pedoman ini ditegaskan kembali kepentingan bersama kedua negara tentang beberapa hal. Mulai dari perdamaian dan keamanan, perdagangan bebas, jalur perdagangan yang terbuka, diversifikasi hubungan, perlindungan lingkungan, dan transformasi digital.

Lahirnya pedoman ini pun disambut baik Pemerintah Indonesia, karena memberikan peluang baru masuknya investasi dari Jerman ke Tanah Air.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan pun mengajak para investor Jerman untuk menjadikan Indonesia sebagai hub manufaktur untuk kawasan Asia Tenggara. Sebab, Indonesia memiliki 273 penduduk Indonesia dengan nilai PDB lebih dari USD 1 triliun.

"Indonesia memiliki ekonomi terbesar di ASEAN, dengan 273 juta penduduk dan PDB senilai lebih dari USD 1 triliun, " kata Luhut dalam cara Asia-Pacific Conference of German Business secara virtual, Jakarta, Selasa (20/10).

Akibat pandemi Covid-19, semua negara-negara di dunia dalam hal bisnis bergerak dari titik yang sama. Sehingga Indonesia mendorong kerja sama saling menguntungkan antara Indonesia dengan para pemangku kepentingan. Kerja sama yang bisa dilakukan dengan Indonesia di antaranya ketenagakerjaan, kesehatan, teknologi, dan bidang ekonomi.

Baca Selanjutnya: Dorong Kerja Sama dengan Negara...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini