Menko Darmin: Pemangkasan Pertumbuhan Ekonomi oleh Bank Dunia Tak berpengaruh ke RI

Rabu, 5 Juni 2019 14:52 Reporter : Merdeka
Menko Darmin: Pemangkasan Pertumbuhan Ekonomi oleh Bank Dunia Tak berpengaruh ke RI Darmin Nasution. ©2013 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Bank Dunia (World Bank) baru saja merevisi target pertumbuhan ekonomi global menjadi 2,6 persen. Angka tersebut turun 0,3 persen dari proyeksi semula sebesar 2,9 persen.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan koreksi pertumbuhan ekonomi dunia oleh Bank Dunia tidak akan mempengaruhi Indonesia secara langsung.

"Hal ini karena AS dan China yang tidak bisa ditebak. Jadi banyak orang jadi pesimis. Namun bagaimana dampaknya? Dampak negatif pada ekonomi kita pasti ada, namun tidak langsung dalam skala besar tapi ada," jelasnya saat mengadakan press conference di kediaman dinasnya di Jalan Widya Chandra IV Nomor 17, Jakarta Selatan, Rabu (5/6).

Namun demikian, Darmin percaya bahwa ekonomi dunia memang akan melambat yang dipicu perang dagang antara AS dan China. Sebab, kondisi ini akan mempengaruhi ekspor Indonesia.

Darmin mengatakan, perekonomian Indonesia masih terbilang aman meskipun sedikit mengalami gangguan karena masih ada faktor lain yang membuatnya terjaga, salah satunya yaitu meningkatnya peringkat kredit utang jangka panjang Indonesia dari BBB- menjadi BBB oleh S&P global rating.

"Nah kalau saya bilang tadi ekonomi kita masih relatif oke karena ada faktor-faktor lain. Lihat itu saja S&P. Meskipun perekonomian global melambat dan Indonesia juga kena imbas, tapi karena ada faktor lain jadi masih ada investor yang tetap berinvestasi, banyak yang mau," tandasnya.

Sebelumnya, lembaga pemeringkat internasional Standard and Poor's/ S&P global rating menaikkan peringkat kredit utang jangka panjang Indonesia atau sovereign credit rating Indonesia dari BBB- menjadi BBB dengan outlook atau prospek stabil pada Jumat (31/5).

Selain itu, S&P juga menaikkan peringkat utang Indonesia jangka pendek menjadi A-2 dari A-3. Kenaikan peringkat tersebut mencerminkan prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat dan dinamika kebijakan yang mendukung.

Reporter; Ayu Lestari Wahyu Puranidhi

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini