Menko Airlangga Imbau Pelaku UMKM Segera Manfaatkan Digitalisasi Jalankan Usaha

Rabu, 8 Juli 2020 14:23 Reporter : Idris Rusadi Putra
Menko Airlangga Imbau Pelaku UMKM Segera Manfaatkan Digitalisasi Jalankan Usaha Menko Airlangga. ©2020 Tebe/Humas Ekon

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengimbau pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bisa memanfaatkan digitalisasi dalam menjalankan usahanya.

Airlangga melihat, terlebih di masa pandemi Covid-19 dan pasca pandemi, pola transaksi ekonomi akan lebih banyak menggunakan online dibandingkan offline.

"Kita berharap pelaku usaha, terutama UMKM, yang tadinya offline, bisa menjadi online. Sebagaimana kita ketahui, di era new normal, kegiatan masyarakat maupun kegiatan ekonomi lebih banyak berbasis digital," kata Airlangga di Jakarta, Rabu (8/7).

Meski demikian, mantan Menteri Perindustrian ini menyadari hal ini tidak bisa dilakukan dalam satu atau dua hari saja, karena diperlukan berbagai penyiapan, khususnya penguatan dari segi infrastruktur.

"Pelaku usaha dalam rangka menuju digitalisasi pasti ada tahapannya. Yang pertama, dari sisi pemerintah, kita akan menyiapkan infrastrukturnya seperti jaringan internet dan lainnya," ujarnya.

Dengan memanfaatkan digitalisasi, UMKM akan memangkas supply chain agar lebih pendek dan lebih efektif menjalankan usahanya.

"Jika UMKM sudah mengefektifkan supply chain, maka akan lebih hemat dalam hal biaya menjalankan usaha," pungkasnya.

Baca Selanjutnya: Target 10 Juta UMKM...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini