Menko Airlangga Imbau Pelaku UMKM Segera Manfaatkan Digitalisasi Jalankan Usaha

Rabu, 8 Juli 2020 14:23 Reporter : Idris Rusadi Putra
Menko Airlangga Imbau Pelaku UMKM Segera Manfaatkan Digitalisasi Jalankan Usaha Menko Airlangga. ©2020 Tebe/Humas Ekon

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengimbau pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bisa memanfaatkan digitalisasi dalam menjalankan usahanya.

Airlangga melihat, terlebih di masa pandemi Covid-19 dan pasca pandemi, pola transaksi ekonomi akan lebih banyak menggunakan online dibandingkan offline.

"Kita berharap pelaku usaha, terutama UMKM, yang tadinya offline, bisa menjadi online. Sebagaimana kita ketahui, di era new normal, kegiatan masyarakat maupun kegiatan ekonomi lebih banyak berbasis digital," kata Airlangga di Jakarta, Rabu (8/7).

Meski demikian, mantan Menteri Perindustrian ini menyadari hal ini tidak bisa dilakukan dalam satu atau dua hari saja, karena diperlukan berbagai penyiapan, khususnya penguatan dari segi infrastruktur.

"Pelaku usaha dalam rangka menuju digitalisasi pasti ada tahapannya. Yang pertama, dari sisi pemerintah, kita akan menyiapkan infrastrukturnya seperti jaringan internet dan lainnya," ujarnya.

Dengan memanfaatkan digitalisasi, UMKM akan memangkas supply chain agar lebih pendek dan lebih efektif menjalankan usahanya.

"Jika UMKM sudah mengefektifkan supply chain, maka akan lebih hemat dalam hal biaya menjalankan usaha," pungkasnya.

1 dari 1 halaman

Target 10 Juta UMKM

juta umkm rev1

Pemerintah mendorong 10 juta usaha mikro kecil menengah (UMKM) bisa terhubung dengan platform digital hingga akhir tahun ini. Salah satunya dengan meluncurkan program Bangga Buatan Indonesia (BBI) sejak 14 Mei 2020, lalu.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, hingga Selasa (7/7), sebanyak 800.000 pelaku dari target 2 juta UMKM sudah merambah pasar digital lewat program BBI. Sehingga, jika ditambah dengan yang ada saat ini, sudah 8,8 juta lebih pelaku UMKM go digital.

"Online ke UMKM sudah lima minggu mencapai 800.000 lebih. Ini satu langkah sangat bagus," kata Luhut dalam video conference via YouTube Kemenkeu RI, Selasa (7/7).

Menko Luhut menyebut sangat penting bagi UMKM terhubung ke digital di era kenormalan baru ini. Melalui digitalisasi, UMKM dapat mengakses pasar yang lebih besar.

Selain untuk menjangkau pasar yang lebih besar, cara ini membuat pelaku usaha UMKM dalam negeri lebih mudah terhubung dengan akses pembiayaan. "Bukan hanya akses pasar. Digitalisasi juga mempermudah pelaku UMKM akses ke pembiayaan," jelasnya. [idr]

Baca juga:
Pemulihan UMKM Jadi Visi Andalan 3 Calon Deputi Gubernur BI
Apindo Dorong Percepatan Serapan PEN Demi Selamatkan Bisnis UMK
Sandiaga Miris Kondisi UMKM: Ibarat Tinju, Kalah Di Ronde Pertama
BNI Terima Rp5 T dari Rp30 T Dana Pemerintah di Bank BUMN, Siap Disalurkan ke UMKM
Sri Mulyani Bekali Jamkrindo dan Askrindo Rp5 Triliun Jamin Modal UMKM
Menko Luhut Dorong Penyaluran Dana PEN ke Koperasi dan UMKM Dipercepat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini