Menhub Budi Cek Manfaat Pembangunan Tol Untuk Daerah, Ini Hasilnya

Sabtu, 29 Desember 2018 15:30 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Menhub Budi Cek Manfaat Pembangunan Tol Untuk Daerah, Ini Hasilnya Menhub Budi Karya di Tol Palikanci. ©2018 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur seperti jalan tol tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan konektivitas. Menurut dia, pembangunan infrastruktur jalan tol harus berdampak pada menggeliatnya aktivitas ekonomi daerah sekitar dan kemudian mengerek pertumbuhan ekonomi daerah.

"Fungsi jalan tol tidak hanya sekedar menghubungkan Jakarta-Semarang-Solo-Surabaya. Harus ada arti untuk masyarakat," kata dia, saat ditemui di sela-sela kunjungan kerja bertajuk 'Weekend Bareng Menhub', di Rest Area 207A, Tol Palikanci, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (29/12).

Menteri Budi mengatakan, dari perbincangan dengan pemerintah daerah, dia mencatat bahwa pembangunan infrastruktur memang berdampak positif dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. "Saya ketemu dengan walikota Cirebon, bilang, begitu banyak tambahan kunjungan wisata. Restoran tambah penuh," ujar dia.

"Di Nganjuk, tadi Bu Dessy (Dirut Jasa Marga) cerita ada sekelompok orang membuat industrial estate, luasnya 100 hektare. Jadi industrial estate tidak perlu di Surabaya, bisa di situ. Kalau ada 100 hektare ada berapa orang yang bisa bekerja di Nganjuk," imbuhnya.

Hal tersebut, kata dia, dengan sendirinya akan menjawab berbagai keraguan yang sempat dilontarkan pada saat pemerintah mulai mengerjakan proyek infrastruktur secara masif.

"Ada yang bilang jalan tol bangun untuk apa? Makan jalan tol? Kita buktikan bahwa jalan tol memberikan makna bagi masyarakat," tandas dia. [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini