Menhub Budi Ajak Swasta Gelar Mudik Gratis Lebaran 2019

Minggu, 28 April 2019 20:00 Reporter : Merdeka
Menhub Budi Ajak Swasta Gelar Mudik Gratis Lebaran 2019 KAI lepas mudik gratis. ©2018 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau supaya pihak swasta turut serta menyediakan program CSR mudik gratis tahun ini. Hal tersebut dalam rangka mendukung pemerintah menekan pemudik menggunakan motor saat Lebaran mendatang.

"Kita juga mengimbau supaya suwasta melakukan CSR untuk mudik gratis," katanya usai menghadiri acara Doa Bersama dan Syukuran atas Terlaksananya Pemilu Damai 2019 di Kebayoran Baru, Jakarta, Minggu (28/4).

Menurutnya, mudik menggunakan motor membahayakan. Ia pun menawarkan alternatif supaya masyarakat menggunakan angkutan umum. "Kita mengimbau juga kasih solusi. Solusinya apa? Kita kasih mudik gratis iya kan naik kereta, naik bis, truk, naik kapal," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan akan kembali menyelenggarakan mudik gratis bagi masyarakat pada saat Hari Raya Lebaran mendatang. Rencananya, sebanyak 1.300 orang akan diberangkatkan melalui jalur darat dengan bus.

"Dalam rangka menyambut Hari Raya Lebaran kita akan kembali menyiapkan 1.300 bus gratis," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi saat ditemui di Jakarta, Minggu (17/3).

Budi mengatakan, untuk keberangkatan bus pihaknya akan menyediakan untuk tujuan Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Untuk informasi selanjutnya, masyarakat disarankan untuk ke Direktorat Angkutan Multi Moda.

"Kita akan memberangkatkan 3-4 hari sebelum Lebaran," imbuhnya.

Selain jalur darat, Kemenhub juga menyediakan angkutan mudik gratis melalui kapal feri. Namun demikian dirinya belum bisa merincikan berapa kapal dan jumlah peserta yang akan diberangkatkan.

"Kalau Kapal Ferri, kita sediakan Jakarta - Semarang, Jakarta- Surabaya, kalau mau pakai gratis juga nanti daftar ke Kemenhub. boleh pakai motor," pungkasnya.

Sumber: Liputan6
Reporter: Yopi Makdori [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini