Menengok Kereta Tercepat di Dunia Buatan Jepang, Kalahkan Fuxing Milik China

Minggu, 12 Mei 2019 08:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Menengok Kereta Tercepat di Dunia Buatan Jepang, Kalahkan Fuxing Milik China shinkansen Alfa-X. ©2019 bloomberg.com

Merdeka.com - Jepang tengah mendorong pembuatan kereta Shinkansen tercepat yang pernah ada. Kereta ini dijadwalkan mulai beroperasi pada tahun 2030 dengan nama Alfa-X. Kereta ini pun digadang mampu menjadi kereta tercepat di dunia.

Perusahaan kereta api JR East berencana untuk mengoperasikannya dengan kecepatan 360 kilometer per jam. Itu akan membuatnya 10 km per jam lebih cepat dari Fuxing Hao China, yang menghubungkan Beijing dan Shanghai dan memiliki kecepatan tertinggi yang sama.

Untuk mengatasi hambatan angin yang sangat besar ketika memasuki terowongan, gerbong pertama Alfa-X sebagian besar akan seperti hidung yang ramping berukuran 22 meter (72 kaki). Dengan hanya memiliki 3 jendela, tampaknya tidak ada ruang untuk penumpang di gerbong ini.

Dilukis dengan perak metalik dengan garis-garis hijau, kereta peluru 10 rangkaian ini mulai di uji coba pada Jumat antara kota-kota Aomori dan Sendai pada malam hari, yang akan dilakukan selama tiga tahun.

Kereta peluru Jepang, yang melakukan diluncurkan perdana pada tahun yang sama dengan Olimpiade Tokyo 1964, telah menjadi simbol negara Jepang yang efisiensi dan keandalan. Shinkansens jarang terlambat, meskipun mereka meninggalkan Stasiun Tokyo setiap beberapa menit ke Osaka, Kyoto dan tujuan-tujuan lain, menjadikan mereka alternatif yang layak untuk perjalanan udara.

Alfa-X adalah bagian penting dari rencana untuk menawarkan layanan yang lebih cepat ke Sapporo, kota terbesar di pulau paling utara Hokkaido.

"Pengembangan shinkansen generasi berikutnya didasarkan pada konsep-konsep kunci kinerja yang unggul, tingkat kenyamanan yang tinggi, lingkungan operasi yang unggul dan pemeliharaan yang inovatif," kata East Japan Railway Co., yang lebih dikenal sebagai JR East, mengatakan dalam sebuah pernyataan, dilansir Bloomberg.

Meskipun Alfa-X memegang gelar kereta tercepat di dunia saat ini, itu mungkin sudah dicopot pada saat ia mulai beroperasi. Itu karena jalur maglev baru sedang dibangun antara Tokyo dan Nagoya dengan operasi dimulai pada 2027.

Perjalanan sebagian besar melalui terowongan yang dalam, kereta bermuatan magnet akan melakukan perjalanan dengan kecepatan tertinggi 505 kilometer per jam, memotong waktu antara dua kota menjadi 40 menit, dari 110 menit saat ini.

2019 bloomberg.com

5 hal yang perlu diketahui mengenai Alfa-X:

1. Kereta peluru baru akan memiliki rem udara di atap dan juga menggunakan pelat magnetik di dekat rel untuk memperlambat, selain rem konvensional.

2. Kereta akan memiliki peredam dan suspensi udara agar tetap stabil saat melintasi kurva, menjaga keseimbangan dan kenyamanan bagi penumpang.

3. Alfa-X adalah singkatan dari Advanced Lab for Frontline Activities on the eXperimentation rail (Lab Lanjutan untuk Aktivitas Garis Depan di rel eksperimentasi.

4. Kereta baru ini didasarkan pada platform JR E5, yang sudah beroperasi pada rute utama di Jepang.

5. JR East akan menghubungkan data antara kereta, pusat kendali, fasilitas pemeliharaan, dan staf untuk memantau kinerja dan menjaga kereta beroperasi pada tingkat optimal. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini