Mendagri Tito Minta Sri Mulyani Tambah Anggaran Blangko e-KTP 2020

Senin, 13 Januari 2020 18:36 Reporter : Anggun P. Situmorang
Mendagri Tito Minta Sri Mulyani Tambah Anggaran Blangko e-KTP 2020 Mendagri Tito Karnavian. ©2019 Merdeka.com/Genan

Merdeka.com - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menghadiri pertemuan internal dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Dalam pertemuan tersebut, Tito meminta agar Kementerian Keuangan menambah anggaran blangko e-KTP 2020.

"Kita bahas berkaitan dengan masalah anggaran blangko e-KTP, yang kita perkirakan tahun 2020 itu tidak cukup sampai dengan akhir tahun," ujar Tito saat ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (13/1).

Dia memperkirakan, anggaran yang ada saat ini hanya cukup memenuhi kebutuhan penyediaan e-KTP sampai Juni 2020. Padahal, sejak awal tahun banyak masyarakat yang kehilangan identitas akibat adanya bencana banjir.

"Kami juga sudah ingatkan dari awal diperkirakan bulan 5 dan 6 itu habis blangko e-KTP dengan anggaran yang sudah disediakan Kemenkeu. Sehingga minta agar ditambah," paparnya.

1 dari 1 halaman

Kirim Surat Resmi

Untuk itu, Kemendagri dalam waktu dekat akan mengirimkan surat resmi terkait penambahan anggaran tersebut. "Beliau sampaikan agar berikan surat resmi, kami akan kirimkan surat resmi dengan detailnya berapa kebutuhannya," kata Tito.

Mantan Kepala Kepolisian Republik Indonesia tersebut menambahkan, penambahan anggaran blangko merupakan hal yang sangat penting. Untuk tahun ini saja ada sebanyak 30 juta keping blangko e-KTP yang harus dipenuhi.

"Ini kan penting, seperti banjir kemarin ada yang kehilangan KTP, KK, ini Dirjen Dukcapil untuk bantu masyarakat yang kehilangan dokumen-dokumen tersebut secara gratis. Ini sudah berjalan. Otomatis akan bertambah lagi kebutuhannya. Ini kepentingan publik, kepentingan rakyat," tandasnya. [azz]

Baca juga:
Stok Blangko Minim, 2,2 Juta Warga Jateng Belum Dapat e-KTP
Kemendagri Sebut Tak Ada Batasan Waktu Ganti Dokumen Hilang Akibat Banjir
Startup AI, Nodeflux, Kerja Sama dengan Dukcapil Manfaatkan Data Kependudukan RI
Di DPR, Mendagri Tito Curhat Anak Buahnya Trauma Ajukan Anggaran Blanko e-KTP
Johan Budi Ingatkan Mendagri Hati-Hati Dalam Anggaran E-KTP

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini