Kemenhub alokasikan Rp 1,27 triliun untuk program padat karya

Sabtu, 24 Februari 2018 18:22 Reporter : Dwi Aditya Putra
Kemenhub alokasikan Rp 1,27 triliun untuk program padat karya Menhub Budi Karya. Yayu ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan mengalokasikan Rp 1,27 triliun di tahun 2018 untuk program padat karya di seluruh sektor, yaitu perhubungan udara, laut, darat dan kereta api. Ditargetkan program tersebut akan menyerap total sebanyak 70.000 tenaga kerja.

"Kami tahun ini menyerahkan Rp 1,2 triliun, tahun depan diharapkan memberikan Rp 5 triliun sampai Rp 6 triliun kami harapkan kami akan memberikan pekerjaan yang katakanlah kepada orang orang yang memang membutuhkan pekerjaan itu. Semoga ini bermanfaat untuk kita semua," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Terminal Bandara Budiarto, Banten, Sabtu, (24/2).

Dia menambahkan, program tersebut berlangsung selama enam bulan dengan upah per orang Rp 120.000 per hari. Untuk itu, dia berpesan kepada seluruh jajarannya untuk bersungguh-sungguh bekerja dengan fasilitas yang cukup karena banyak sekali orang yang tidak memiliki kesempatan bekerja dan menerima gaji setiap bulan.

"Saya memang hati hati dengan Kepala Bandara, ketemu dengan Pak RT dan ditanyakan dengan benar. Apakah (pekerja) sudah bekerja atau menganggur. Menganggur bukan berarti mereka yang tukang terus kerja, biarkan saja mereka yang tukang bekerja di tempat lain yang sudah ada," imbuhnya.

Seperti diketahui, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menetapkan program padat karya di 153 Bandar Udara di seluruh Indonesia. Program ini ditargetkan akan mampu menyerap sebanyak 12.000 tenaga kerja. Dengan total anggaran mencapai Rp 300 milliar. [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini