Keberadaan Tol Pandaan-Malang Dorong Iklim Investasi Properti Kota Malang

Rabu, 19 Juni 2019 20:47 Reporter : Darmadi Sasongko
Keberadaan Tol Pandaan-Malang Dorong Iklim Investasi Properti Kota Malang gerbang tol pandaan malang. ©2018 Merdeka.com/darmadi sasongko

Merdeka.com - Pembangunan jalan tol Pandaan - Malang diklaim mendukung iklim investasi properti di Kota Malang. Akses jalan tol didukung infrastruktur kota yang terus berkembang membawa iklim usaha semakin menjanjikan.

President Director PT Ciputra Indonesia, Budiarsa Sastrawinata mengatakan, dengan keberadaan jalan tol, pembeli properti melirik Kota Malang bukan lagi sekadar cuaca atau lingkungan. Tetapi juga sudah mengarah pada pengembangan bisnisnya.

"Sebetulnya dari awal itu sudah banyak peminat, cuma penunjangnya belum cukup. Sehingga orang mau ke Malang tahunya karena cuaca, lingkungan, pendidikan, tapi kurang ada sarana pendukungnya. Adanya jalan tol, didukung Pemerintah Daerah yang mendukung fasilitas-fasilitas kotanya, secara umum mendengar kota Malang karena usahanya," kata Budiarsa Sastrawinata di sela peresmian EcoPark di Citra Garden City Kota Malang, Rabu (19/6).

Jalan tol, khususnya di Kota Malang memberikan dampak signifikan pada sektor ekonomi. Pembangunan jalan tol sendiri memang menjadi prioritas pemerintah pusat untuk dibangun secepatnya dalam rangka meningkatkan pembangunan ekonomi.

"Dengan tol Pandaan - Malang, memang ada sesuatu yang dilihat dari Malang itu sendiri. Karena tol itu memindahkan orang dan barang, jadi semuanya ingin menyentuh langsung sektor riil, nanti efek-efeknya sih pada properti juga," terangnya.

Budiarsa juga menyinggung tentang kedewasaan politik masyarakat Indonesia yang ternyata tidak menimbulkan dampak besar di dunia bisnis properti. Khusus Malang dan Jawa Timur dalam situasi yang mendukung untuk dunia usaha, antara politik dan bisnis dapat berjalan di jalur masing-masing.

"Di Indonesia ini kita lihat antara kegiatan politik dan kegiatan bisnis mulai terpisah. Bisnis jalan sendiri, politik jalan sendiri. Kita lihat kalau untuk Citra Garden City tidak banyak terpengaruh, ada pengaruh tapi tidak banyak. Kita melihat kondisi di sini cukup kondusif, Jawa Timur kondusif dan juga banyak user, sehingga kegiatan penjualan tidak banyak terpengaruh," urainya.

PT Ciputra Indonesia mengembangkan Perumahan Citra Gading City di lahan seluas 100 Ha di kawasan Buring Kota Malang. Project terbagi dalam dua tahap masing-masing 50 ha dengan total 3.000 unit rumah dengan total investasi Rp1,7 Triliun. Rumah dijual dengan kisaran antara Rp500 juta sampai Rp2 Miliar.

"Kondisi itu yang meningkatkan keyakinan kita, ditambah respon konsumen yang positif. Cukup yakin apa yang kita rencanakan sesuai dengan keinginan konsumen. Sehingga kita akan tingkatkan terus pengembangannya, tentunya didukung fasilitas-fasilitasnya," tegasnya.

Sementara, Mary Octo Sihombing, Director PT Ciputra Indonesia menyampaikan, perumahannya menawarkan desain sesuai segmen didukung kenyamanan fasilitas. Lokasinya berada sekitar 2,7 Km dari pintu tol Pandaan - Malang.

"Potensi dekat pusat kota, jalan litasan ke kabupaten lain. Pemerintah banyak melakukan pembangunan untuk pembangunan fasilitas pemerintahan dan GOR. Pengembangan kota ke arah sini," tegasnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini