Jumlah UMKM Indonesia 57,9 juta, terbanyak dibanding negara lain

Kamis, 25 September 2014 18:04 Reporter : Henny Rachma Sari
Jumlah UMKM Indonesia 57,9 juta, terbanyak dibanding negara lain

Merdeka.com - Tingginya populasi usia produktif di Indonesia yang tak berbanding lurus dengan ketersediaan jumlah lapangan pekerjaan, mendorong orang Indonesia berlomba-lomba menciptakan terobosan untuk meningkatkan daya saing demi memajukan perekonomian masing-masing. Tidak heran semakin banyak bermunculan pelaku usaha sektor industri Usaha Kecil Menengah (UKM).

Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI, Dhaniswara K Harjono mengungkapkan Indonesia merupakan negara yang paling banyak memiliki pelaku industri UKM.

"Jumlah UKM di Indonesia adalah jumlah UKM yang paling besar dibanding negara-negara lain," ungkap Dhaniswara usai menghadiri diskusi terkait ' Strategi Perlindungan Hukum UKM saat MEA', di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (25/9).

Namun, lanjut Dhaniswara, jumlah tersebut tidak dibarengi dengan kualitas pendidikan pelaku UMKM yang diakuinya belum maksimal. "Sebagian besar dari mereka tidak memiliki pendidikan yang cukup," tuturnya.

Karena rendahnya pendidikan pelaku UMKM, diperlukan adanya perlindungan hukum bagi mereka mengingat Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tak lama lagi akan diberlakukan.

"Harus ada keberpihakan dari negara dan juga perlindungan termasuk perlindungan hukum. Itu yang sangat penting," katanya.

Sementara itu, Staf Ahli menteri koperasi dan UKM bidang penerapan nilai dasar koperasi, Abdul Kadir Damanik mengungkapkan di Indonesia sendiri terdapat sekitar 57,9 juta pelaku UMKM.

"Dengan memberi kontribusi terhadap PBD 58,92 persen dan kontribusi dalam penyerapan tenaga kerja 97,30 persen," jelas Abdul.

Untuk tingkat ASEAN, sebanyak 96 persen perusahaan bergerak di sektor UMKM dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 30 hingga 57 persen. "Kemudian kontribusi dalam penyerapan tenaga kerja 50 sampai 98 persen," ucapnya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. UMKM
  2. Pekerja Ukm
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini