Ingin Jadi Kaya Sebelum Usia 40 Tahun, Ini 5 Tipsnya

Senin, 31 Desember 2018 07:00 Reporter : Merdeka
Ingin Jadi Kaya Sebelum Usia 40 Tahun, Ini 5 Tipsnya Ilustrasi orang kaya. ©Shutterstock/Sergey Nivens

Merdeka.com - Warren Edward Buffett adalah seorang investor dan pengusaha asal Amerika Serikat tersukses di dunia. Meski demikian, bukan hal yang mudah untuk menjadi Buffett yang saat ini memiliki kekayaan hingga USD 81,8 miliar.

Untuk itu, pria berusia 88 tahun ini memiliki strategi dan visi dalam mengelola keuangan, yang membuatnya mampu bertahan selama bertahun-tahun di daftar orang terkaya di dunia. Anda pun bisa meniru tips keuangan ala Buffett meski kondisi keuangan yang pas-pasan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Berikut 5 tips keuangan ala Buffet khususnya untuk Anda yang berumur di bawah 40 tahun, dikutip GoBankingRates.com.

Reporter: Nurseffi Dwi Wahyuni

Sumber: Liputan6.com

1 dari 5 halaman

Menabung dari sekarang

Ilustrasi menabung. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/studioVin

Buffet memakai istilah dalam hal ini, "Ada seseorang yang duduk di bayangan pohon hari ini karena ada orang lain yang menanamnya jauh hari sebelumnya."Menabung merupakan proses penuh perjuangan dan tidak pernah ada kata terlambat memulainya. Lakukan secara rutin dan jadikan sebagai prioritas.

2 dari 5 halaman

Pentingkan nilai dalam berbelanja

ilustrasi belanja. © boldsky.com

Buffet dikenal sebagai orang yang sangat hemat dan mendapatkan manfaatnya hingga hari ini. Berbelanja berlebihan, membeli barang yang tidak ada gunanya, hanya membuat Anda bangkrut. Banyak pula kebutuhan makanan dan rumah tangga yang sebenarnya tidak Anda perlukan.

Cobalah berbelanja cerdas dengan mencari promo, penawaran kupon, dan lainnya. Bandingkan barang tanpa melihat merek. Anda mungkin bisa menemukan barang yang bukan dari merek terkenal dengan kualitas sama dan harga lebih murah.

3 dari 5 halaman

Batasi utang

hutang. shutterstock

Pengelolaan uang yang cerdas dan disiplin berarti Anda tidak perlu mengandalkan kartu kredit dan pinjaman. Bijaksanalah ketika berutang dan bayar cicilan secara penuh supaya Anda berpeluang mendapat pinjaman dengan bunga rendah.

"Anda tidak butuh banyak utang di dunia ini. Jika Anda cerdas, Anda bisa membuat banyak uang tanpa meminjam," kata Buffet.

Jika Anda berutang di usia 20-an dan 30-an, mulailah berkomitmen menghapusnya ketika memasuki usia 40 tahunan.

4 dari 5 halaman

Kekayaan butuh proses

ilustrasi orang kaya. ©2015 Merdeka.com

Hanya karena Anda hampir berumur 40 tahun bukan berarti harus punya rumah besar, tiga mobil mewah, dan saldo tabungan miliaran rupiah. Namun, Anda dapat membuat kestabilan ekonomi dengan tujuan jangka panjang dan pemahaman bahwa kekayaan membutuhkan waktu. Dengan menggabungkan langkah cerdas dengan kerangka waktu realistis, keamanan finansial pasti dapat Anda raih.

5 dari 5 halaman

Rumput tetangga tidak selalu lebih hijau

ilustrasi orang kaya. shutterstock.com

Ketika tetangga baru membeli mobil baru, berlibur, punya kondisi keuangan yang bagus, jangan rendah diri. Sikap itu hanya menyebabkan kerusakan pada pola pikir Anda. Berhentilah membandingkan diri dengan orang lain dan tujuan hidup Anda akan lebih mudah tercapai. [azz]

Baca juga:
Ini 5 Resolusi Keuangan yang Bisa Dilakukan di 2019
Tips Ampuh Dapatkan Pekerjaan Impian ala Pimpinan Amazon Hingga Facebook
Ini Cara Agar Pengalaman Dipecat Jadikan Anda Pekerja yang Lebih Baik

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini