ICW: Hasil seleksi OJK mengecewakan

Reporter : Harwanto Bimo Pratomo | Senin, 9 April 2012 14:51
ICW: Hasil seleksi OJK mengecewakan
OJK. merdeka.com/dok

Merdeka.com - Indonesian Corruption Watch (ICW) menilai, hasil seleksi dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dilakukan oleh presiden, sangat mengecewakan. Alasannya, masih ada calon-calon bermasalah yang lolos seleksi dan diserahkan pada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk seleksi tahap akhir.

Peneliti Senior ICW Danang Widoyoko menyebutkan, setidaknya terdapat 5 calon DK OJK yang memiliki konflik kepentingan dengan Menteri Keuangan Agus Martowardojo dan Komisaris Bank Mandiri Gunarni Soeworo.

"Ada 4 diantaranya adalah rekanan dari Bank Mandiri. Sedangkan satu diantaranya adalah Staf Khusus dari Menteri Keuangan," ujar Danang dalam keterangan tertulis di Jakarta,Senin (9/4).

Selain itu, ada 4 calon lain yang berkonflik kepentingan dengan Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution dan seorang calon juga rekanan Gunarni Soeworo di Bank Niaga. Sementara 3 orang sisanya memiliki catatan kasus bisnis selama perjalanan karirnya. Pihaknya menuding, calon-calon yang muncul tidak terlepas dari tertutupnya proses seleksi.

"Buruknya hasil seleksi OJK tidak lepas dari susunan Pansel yang tidak mengakomodir unsur masyarakat dan kerja-kerja Pansel yang sangat tertutup tidak transparan," terangnya.

ICW meminta Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk tidak meloloskan calon yang berkonflik kepentingan. Menurutnya, DPR harus mengedepankan calon yang mempunyai keahlian dan pemahaman UU Pencucian uang, hukum pidana, pengawasan sektor keuangan menjadi DK OJK.

"Hal ini penting untuk memberantas korupsi di sektor keuangan yang kian marak," tandasnya.

[oer]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE