Di UU Cipta Kerja, Cuti Haid dan Melahirkan Dipastikan Tetap Ada

Senin, 27 Maret 2023 11:19 Reporter : Siti Ayu Rachma
Di UU Cipta Kerja, Cuti Haid dan Melahirkan Dipastikan Tetap Ada Ilustrasi cuti. © Firstoptionstaffing.com

Merdeka.com - Pemerintah akhirnya resmi menyetujui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja menjadi sebuah undang-undang (UU), pada saat rapat Paripurna ke-19 di komplek parlemen, Selasa (21/3) lalu.

Para buruh/pekerja khususnya perempuan, mempertanyakan apakah di dalam UU tersebut terdapat point yang mengatur tentang cuti haid ataupun cuti melahirkan. Oleh karena itu Kementerian Ketenagakerjaan memastikan cuti haid dan cuti melahirkan tidak hilang dan masih ada dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Karena tidak adanya perubahan, maka cuti haid dan cuti melahirkan tidak dituangkan dalam UU Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja, Sehingga acuan yang digunakan adalah UU Nomor 13/2003 pasal 81 dan pasal 82.

Pada pasal 81 ayat 1 UU Nomor 13/2003 berbunyi pekerja/buruh perempuan yang dalam masa haid merasakan sakit dan memberitahukan kepada pengusaha, tidak wajib bekerja pada hari pertama dan kedua pada waktu haid.

"Pelaksanaan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama," bunyi pasal 81 ayat 2.

2 dari 2 halaman

Serta pada pasal 82 tentang cuti melahirkan berbunyi Pekerja/buruh perempuan berhak memperoleh istirahat selama 1,5 (satu setengah) bulan sebelum saatnya melahirkan anak dan 1,5 (satu setengah) bulan sesudah melahirkan menurut perhitungan dokter kandungan atau bidan.

"Pekerja/buruh perempuan yang mengalami keguguran kandungan berhak memperoleh istirahat 1,5 (satu setengah) bulan atau sesuai dengan surat keterangan dokter kandungan atau bidan," pasal 82 ayat 2.

"Negara tetap hadir berikan perlindungan untukmu pekerja perempuan tanpa pengecualian," dikutip dari akun instagram resmi @kemnaker, Selasa (10/1).

Baca juga:
Mahasiswa dan Buruh Sampaikan Sikap Usai Perppu Ciptaker Disahkan
UU Cipta Kerja: Pengusaha Boleh Pecat Karyawan yang Tersandung Kasus Hukum
Buruh Sakit Boleh di PHK? Simak Ketentuannya di UU Cipta Kerja
UU Cipta Kerja Bolehkan Perusahaan Pecat Karyawan yang Bolos 5 Hari Berturut-turut
UU Cipta Kerja Disahkan, Investasi Diklaim Bakal Mengalir Masuk Indonesia
Ini 5 Poin Penting Perubahan dalam UU Cipta Kerja

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini