Di Depan Pengusaha Pelabuhan, Bos BKPM Janji Beri Kemudahan Izin Usaha

Jumat, 21 Februari 2020 21:42 Reporter : Merdeka
Di Depan Pengusaha Pelabuhan, Bos BKPM Janji Beri Kemudahan Izin Usaha Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. ©2020 Merdeka.com/Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia kembali menjanjikan kemudahan mendapatkan izin usaha yang telah diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2019 tentang Percepatan Kemudahan Berusaha.

Kali ini, dia mengatakannya di depan para pengusaha pelabuhan dalam acara perayaan ulang tahun ke-5 Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) di JW Marriot Hotel, Jakarta, Kamis (21/2).

"Secara kebetulan Inpres Nomor 7 tentang pendelegasian kewenangan perizinan usaha dari 22 kementerian/lembaga sekarang semua izin usaha sudah di BKPM. Jadi supaya cepat urusannya, termasuk insentif fiskal," ujar dia.

Bahlil kemudian coba membandingkan bentuk perizinan usaha dulu dan sekarang. Jika dulu prosesnya berbelit-belit karena harus didiskusikan terlebih dahulu dengan Kementerian Keuangan, kini cukup satu pintu di BKPM.

"Seperti lagu dangdut, kau yang memulai kau yang mengakhiri. Sekarang izin, ajukan tax holiday datang ke BKPM udah langsung putus saja di situ. Kalau ditanya berapa lama, kita bikin secepat-cepatnya," sebut dia.

1 dari 1 halaman

Proses Perizinan Tak Butuh Waktu Lama

tak butuh waktu lama rev1

Dia juga meyakinkan pengusaha bahwa proses penerbitan izin di BKPM tak akan membutuhkan waktu yang terlalu lama. Sebab di BKPM sudah ada perwakilan kementerian/lembaga yang mengurus hal teknis.

"Sekarang datang ke BKPM, pejabat penghubungnya ada di BKPM yang akan fasilitasi untuk ke departemen teknisnya. Nanti kita bikin NSPK (Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria), komitmen berapa lama waktu," jelas dia.

"Kalau selama ini kita buat 6-7 bulan, kita buat 2-3 bulan supaya ada kepastian. Nah ini yang sekarang BKPM lakukan, berkoordinasi dengan kementerian teknis. Kalau ditanya apakah itu cepat atau lambat, saya yakin Insya Allah ke depan akan makin cepat," tutupnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Mengadu ke Jokowi, Kepala BKPM Singgung Gubernur Rasa Presiden
Presiden Jokowi Diminta Membuat Peta Potensi Investasi Indonesia
Kepala BKPM: Virus Corona Membuat Kita Pusing Betul
Di Depan Jokowi, Bahlil Banggakan Realisasi Investasi 2019 yang Lewati Target
Bahlil Curhat BKPM Dulu Seperti Kantor Pos, Tertinggal dari Vietnam & Thailand
Bos BKPM Heran Masih Ada Kepala Daerah yang Belum Serahkan Izin Investasi ke PMPTSP

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini