Dampak Parah Corona di Indonesia, Termasuk Pengangguran & Orang Miskin Tambah Banyak

Selasa, 23 Juni 2020 06:00 Reporter : Idris Rusadi Putra
Dampak Parah Corona di Indonesia, Termasuk Pengangguran & Orang Miskin Tambah Banyak Kemiskinan kota meleset. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Pandemi Covid-19 memberi dampak dahsyat pada dunia, termasuk ke perekonomian Indonesia. Angka pengangguran naik tajam akibat banyaknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Selain itu, angka kemiskinan juga bertambah.

Namun demikian, pemerintah klaim kondisi Indonesia saat ini masih jauh lebih baik dibanding negara lain.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bahwa kondisi Indonesia masih lebih baik dari negara lain yang juga mengalami resesi.

"Saya pikir kalau dibandingkan negara-negara lain," kata Luhut dalam Rapat Kerja di Badan Anggaran di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (22/6).

Luhut mengaku sudah berkali-kali berbicara tentang kondisi Indonesia di forum internasional seperti di World Bank. Dalam forum tersebut sebagai negara pasar berkembang (emerging market) Indonesia masih dianggap yang terbaik.

"Komentar dari World Bank kemarin, di antara emerging market itu Indonesia masih dianggap yang terbaik, baik makro maupun mikro, itu statement dari Ibu Victoria," tutur Luhut.

Ini terjadi berkat Indonesia berhasil menjaga keseimbangan investasi dengan berbagai negara. Terutama dengan negara di Uni Emirat Arab, Amerika Serikat dan China. "Saya kira hubungan dengan tiga negara ini sangat baik. Kita harus memelihara balance power antara Timur Tengah, China dan Amerika Serikat" kata Luhut.

Namun demikian, kondisi Indonesia tetap menyedihkan di tengah pandemi virus corona ini. Berikut penjelasan kondisi ekonomi Indonesia terkini:

Baca Selanjutnya: Kemiskinan Bertambah 4 Juta Orang...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini