Chevron Siap Bantu Pertamina dalam Masa Transisi Peralihan Blok Rokan

Senin, 4 November 2019 17:15 Reporter : Merdeka
Chevron Siap Bantu Pertamina dalam Masa Transisi Peralihan Blok Rokan Ilustrasi Migas. istimewa ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah resmi menetapkan PT Pertamina (Persero) sebagai operator Blok Minyak dan Gas (Migas) Rokan dari 2021 sampai 2041. Setelah diserahkan ke Pertamina mulai 2021, perusahaan tersebut akan berbagi hak partisipasi (Participating Interest/PI) ke Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan porsi 10 persen.

Senior Vice President Policy and Government and Public Affairs Chevron Wahyu Budiarto mengatakan, Chevron dan Pertamina telah melakukan komitmen kerjasama, untuk masa transisi peralihan operator Blok Rokan ke Pertamina.

"Kita masih sama, fokus kita bagaimana transisi kita di rokan kita kan ada steering committee dengan Pertamina dan SKK Migas. Meeting terus kok," kata Wahyu, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (4/11).

Menurutnya, Chevron siap membantu Pertamina dalam transisi agar kegiatan produksi minyak berjalan dengan baik sehingga laju penurunan produksi minyak bisa diminimalisir, setelah Blok Rokan beralih dari Chevron sebagai operator saat ini ke Pertamina sebagai operator baru setelah kontrak Chevron habis pada 2021.

"Gimana kita membantu Pertamina untuk operasi dengan smooth dan cepat," ujarnya.

Dia mengungkapkan, dalam masa transisi nantinya, Chevron akan melakukan transfer data Blok Rokan yang dibutuhkan Pertamina, sehingga setelah 2021 Pertamina tinggal melanjutkan kegiatan produksi yang dilakukan Chevron.

"Fokus kita transisi bekerja dengan mereka agar mereka bisa smooth. Apa yang diperlukan. Sekarang bicara data, sehingga tidak usah mulai dari nol. Data yang diperlukan oleh mereka apa saja. Itu yang diskusi," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini