BPS catat laki-laki Indonesia lebih bahagia dibanding perempuan

Selasa, 15 Agustus 2017 17:25 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
BPS catat laki-laki Indonesia lebih bahagia dibanding perempuan Ilustrasi bahagia. ©Shutterstock/djgis

Merdeka.com - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data Indeks Kebahagiaan tahunan. Di mana, tahun ini, ternyata laki-laki lebih bahagia dibandingkan perempuan.

Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto, menyebutkan bahwa Indeks Kebahagiaan penduduk laki-laki sebesar 71,12 persen. "Nilai ini lebih tinggi dibandingkan nilai indeks penduduk perempuan yang sebesar 70,30 persen," kata Kecuk dalam sebuah acara konferensi pers di Kantornya, Jakarta, Selasa (15/8).

Dilihat dari tiga dimensi penyusun Indeks Kebahagiaan, terdapat pola yang serupa antara laki-laki dan perempuan yakni pada Indeks Dimensi Perasaan (Affect) dan Indeks Dimensi Makna Hidup (Eudaimonia).

Untuk Indeks Dimensi Perasaan laki-laki lebih tinggi dari perempuan, masing-masing dengan indeks sebesar 69,08 persen dan 68,14 persen. "Mungkin karena jalan pikiran perempuan cara berpikirnya lebih rinci (rumit)," ujarnya.

Indeks Dimensi Makna Hidup laki-laki juga lebih tinggi dari perempuan, masing-masing dengan indeks sebesar 73,24 persen dan 71,29 persen.

Namun, pada Indeks Dimensi Kepuasan Hidup (Life Satisfaction) penduduk perempuan mempunyai nilai yang lebih tinggi dibandingkan penduduk laki-laki, masing-masing dengan indeks sebesar 71,26 persen dan 70,86 persen. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini