Bappenas Soal Ibu Kota Pindah: Jakarta Tetap Akan Dikembangkan

Selasa, 30 April 2019 14:30 Reporter : Merdeka
Bappenas Soal Ibu Kota Pindah: Jakarta Tetap Akan Dikembangkan Konpers Bambang Brodjonegoro terkait pemindahan Ibu Kota. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Wacana ibu kota pindah membuat Jakarta disebut-sebut akan sepi penduduk. Sebab, selama ini, Jakarta merupakan pusat pemerintahan dan bisnis di Indonesia.

Adanya pembangunan infrastruktur transportasi seperti MRT, Jakarta diharapkan akan bertransformasi menjadi kota modern. Namun, jika ibu kota negara dipindah, apakah harapan tersebut akan terwujud?

"Kita akan tetap dukung apa yang sudah dibangun di Jakarta. Kita pindahkan ibu kota bukan buat menyaingi Jakarta, kok. Lihat contoh Washington DC, apakah DC menyaingi New York? Pusat bisnis tersibuk, kan, tetap New York. Karena DC tidak didesain jadi seramai New York. Jadi, Jakarta tetap akan dikembangkan," ungkap Menteri PPN/Bappenas, Bambang Brodjonegoro, di Jakarta, Selasa (30/4).

Menurut Menteri Bambang, Jakarta tetap harus dibangun karena Indonesia butuh urbanisasi. Urbanisasi dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Tiap 1 persen urbanisasi, lanjutnya, akan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi dunia rata-rata sebesar 3 persen. Namun di Indonesia, imbas tiap 1 persen urbanisasi hanya memberi kontribusi 1,4 persen pada pertumbuhan ekonomi, karena masih buruknya layanan dasar dan infrastruktur perkotaan.

Sementara, rencana ibu kota pindah dirancang untuk fokus membangun ekosistem pemerintahan serta beberapa bisnis pendukung. Ini dilakukan demi mencapai pemerataan ekonomi dan pembangunan yang Indonesia-sentris.

Reporter: Athika Rahma
Sumber: Liputan6.com [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini