KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Banggar tak masalah Sri Mulyani minta Rp 810 miliar untuk pertemuan Bank Dunia-IMF

Rabu, 13 September 2017 20:30 Reporter : Anggun P. Situmorang
Sri Mulyani. ©AFP PHOTO/KAZUHIRO Nogi

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengajukan anggaran sebesar Rp 45,68 triliun untuk tahun 2018. Jumlah tersebut termasuk anggaran pertemuan tahunan Bank Dunia-IMF di Bali sebesar Rp 810,17 miliar.

Besarnya kebutuhan anggaran pertemuan tahunan tersebut sempat membuat sejumlah anggota DPR protes beberapa waktu lalu. Penerimaan negara terutama dari sektor pajak dinilai belum optimal sehingga pemerintah diminta lebih cermat mengeluarkan anggaran.

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, Aziz Syamsudin mengatakan, sejauh ini belum ada pembahasan spesifik mengenai kebutuhan dana untuk pertemuan tersebut di Badan Anggaran.

"Ini baru mulai mau membahas, belum ada pembahasan spesifik mengenai hal tersebut untuk Badan Anggaran," ujar Aziz saat ditemui di Gedung DPR-MPR, Jakarta, Rabu (13/9).

Aziz mengatakan, pemerintah tentu punya alasan mengapa harus membutuhkan anggaran yang besar pada pertemuan tersebut. Namun demikian, dia memastikan DPR akan mendukung apabila hal tersebut mendatangkan benefit yang besar bagi bangsa.

"Prinsipnya bila itu sesuai dengan program pemerintah untuk kepentingan nasional bisa kita pahami. Bisa kita sepakati, bisa kita setujui. Sepanjang itu ada benefit bagi bangsa dan negara," jelasnya.

Dia juga meminta pengajuan tersebut jangan hanya dilihat dari besaran jumlah yang diajukan. Namun harus dilihat seberapa besar hal tersebut memberi dampak positif bagi Indonesia.

"Jangan lihat jumlah tapi pembuatan suatu pertemuan seperti IMF itu akan membawa dampak bagi Indonesia ke depan seperti apa. Kalau bagus, positif kita dukung," pungkasnya. [idr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.