Bandara Gatot Subroto Akan Tunjang Aktivitas Industri di Way Kanan

Minggu, 7 April 2019 10:42 Reporter : Merdeka
Bandara Gatot Subroto Akan Tunjang Aktivitas Industri di Way Kanan Menteri Budi Karya Sumadi resmikan komersialisasi Bandara Gatot Subroto di Lampung. ©Liputan6.com/Athika Rahma

Merdeka.com - Peresmian landasan udara (lanud) milik TNI Angkatan Darat Gatot Subroto di Way Kanan tidak hanya mempengaruhi aksesibilitas masyarakat. Aktivitas industri digadang bakal optimal berkat dibukanya bandara ini untuk penerbangan sipil.

Gubernur Lampung Ridho Ficardo menyatakan, saat ini ada 7 kabupaten di Lampung dengan potensi industri agrikultural terbesar se-Sumatera, termasuk Way Kanan. Namun, jalur transportasi udara hanya tersedia di Raden Inten.

"Dari Way Kanan ke Raden Inten itu sekitar 5 jam, sangat tidak efektif untuk pengembangan industri. Sudah lama ada bandara di Way Kanan, yaitu Gatot Subroto, tapi sebatas untuk kepentingan militer saja. Jadi lebih baik dibuka untuk umum," kata Ridho di Way Kanan, Sabtu (6/4).

Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya menambahkan 7 kabupaten di Lampung yang memiliki potensi agrikultur besar ialah Way Kanan, Lampung Utara, Lampung Barat dan Pesisir Barat, OKU Timur, OKU Selatan dan OKU Induk. Komoditas yang diperdagangkan antara lain sawit, karet, tebu dan singkong.

Gubernur Lampung dan Bupati Way Kanan mengaku siap mendukung pembangunan lanjutan bandara Gatot Subroto baik dari segi infrastruktur, pengadaan lahan, segi finansial dan sebagainya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menjelaskan Bandara Gatot Subroto nantinya akan diperluas dan diperbaiki fasilitasnya hingga menjadi bandara besar bertaraf internasional seperti Raden Inten.

"Fasilitasnya akan diperbaiki, kargonya akan dibuat lebih bagus, tahun depan sudah diperluas (bandaranya)," ungkap Menteri Budi di Way Kanan, Sabtu (6/4).

Menteri Budi menyebutkan ada dua maskapai yang siap melayani penerbangan dari dan ke Way Kanan, yaitu Citilink dan Lion Air. Untuk tahap awal, dua maskapai ini akan rutin terbang dua kali seminggu. Selanjutnya, dia mengharapkan pesawat bisa datang setiap hari.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini