Apple Developer Academy buktikan anak muda RI bertalenta di bidang teknologi

Selasa, 15 Mei 2018 21:10 Reporter : Merdeka
Airlangga Hartarto. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan, alasan produsen ponsel ternama, Apple mau membangun fasilitas pendidikan dan pelatihan di Indonesia, bernama Apple Academy dikarenakan Indonesia memiliki anak muda yang bertalenta dalam bidang teknologi digital.

Saat pembukaan Apple Academy yang berlokasi di Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu, banyak mahasiswa yang menampilkan program-program teknologi digitalnya kepada pihak Apple. Produsen ponsel asal Amerika Serikat (AS) tersebut juga langsung merespon baik program-program buatan anak bangsa ini.

"Apple academy di BSD, banyak mahasiswa-mahasiswa Binus yang membuat program. Dan program yang disampaikan juga dinilai oleh Apple Academy sebagai program unggulan," ujar dia dalam acara Inspirato di SCTV Tower, Jakarta, Selasa (15/5).

Menurut Airlangga, meski nantinya program tersebut diaplikasikan oleh Apple atau produsen perangkat teknologi digital lain, namun hak cipta program tersebut tetap menjadi miliki pembuatnya.

"Bagi anak-anak muda yang ikut dalam start-up ini, seluruh intellectual property rights-nya adalah milik mereka. Jadi bukan milik Apple Academy. Sehingga bisa dihasilkan enterpreneur baru dan bisa bekerja di dalam iOS ekosistem," kata dia.

Dia menyatakan, Apple Academy yang ada di Indonesia ini merupakan yang ketiga di dunia, setelah Brasil dan Italia. Apple juga berencana untuk merekrut anak-anak muda Indonesia untuk bisa masuk dalam akademi tersebut.

Kehadiran fasilitas pendidikan dan pelatihan ini bisa menjadi wadah bagi anak-anak muda Indonesia untuk mengembangkan potensinya dalam bidang teknologi digital.

"Apple Academy ini hanya beroperasi di tiga negara, yaitu Brasil, Italia dan untuk khusus untuk Asia ada di Indonesia. Target berikutnya tahun ini mereka rekrut anak muda baru untuk bekerja dalam Apple Academy dalam waktu satu tahun," jelas dia.

Reporter: Septian Deny

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini