Angkasa Pura II gelontorkan Rp 450 miliar kembangkan bandara Belitung

Jumat, 21 September 2018 17:31 Reporter : Siti Nur Azzura
Angkasa Pura II gelontorkan Rp 450 miliar kembangkan bandara Belitung AP II tandatangani perjanjian pengelolaan bandara Belitung. ©Liputan6.com/Bawono Yadika

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyerahkan pengelolaan Bandar Udara Internasional H. AS. Hanandjoeddin di Belitung kepada PT Angkasa Pura II (Persero). Sebelumnya, bandara ini dikelola oleh Kemenhub.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan pihaknya akan berinvestasi untuk pengembangan Bandara HAS Hanandjoeddin Belitung sebesar Rp 450 miliar untuk sisi darat dan sisi udara.

"Paling tidak belanja modal Bandara Belitung Rp 450 miliar untuk revitalisasi terminal, pelapisan landasan pacu, parkir kendaraan dan sebagainya" kata Awaluddin di Kementerian Perhubungan, Jakarta, dikutip Antara, Jumat (21/9).

Dia menambahkan, Angkasa Pura II akan meningkatkan pergerakan penumpang dari yang saat ini 250.000 hingga 350.000 orang per tahun menjadi dua juta orang per tahun. "Paling tidak itu dua juta orang atau 10 kali lipat," katanya.

Dia mengatakan kerja sama tersebut merupakan awal bagi seluruh pihak dalam kerja sama guna mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang di Bangka Belitung. Selain itu, pemerintah juga akan mendorong pengembangkan beberapa infrastruktur penunjang KEK di sektor pariwisata.

Awaluddin mengatakan saat ini sektor pariwisata menjadi perhatian pemerintah Indonesia dan transportasi udara berkontribusi 75 persen karena sebagian besar para wisatawan mancanegara datang dengan pesawat.

"Bandara itu menjadi 'economic triger' menjadi failitas pendukung transportasi manusia dan barang, logistik segala macam. Negara kita kepulauan, ekonomi negara sedang bergeser 'core' ekonominya ke pariwisata akan terbantu ditunjang oleh bandara," katanya.

Selain itu, Indonesia merupakan negara kepulauan dan Bandara Belitung merupakan yang diprediksi menguntungkan. Apabila didukung dengan pemerintah daerah, lanjut dia, seperti penambahan atraksi wisata, maka akan semakin memajukan pariwisata daerah.

Renovasi Bandara HAS Hanandjoedin bertujuan untuk membenahi infrastruktur Di kabupaten Belitung, karena Pulau Belitung termasuk dari proyek strategis nasional dan merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata Bali baru.

Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin sudah dapat dilandasi pesawat jenis Boeing 737-800 NG, 737-900 ER, dan Airbus A320 dimana Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin juga telah memiliki landasan pacu dengan panjang 2.500 meter. [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini