2017, kontribusi konsumsi rumah tangga stagnan di 60 persen

Kamis, 28 Desember 2017 19:10 Reporter : Desi Aditia Ningrum
2017, kontribusi konsumsi rumah tangga stagnan di 60 persen Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. ©2017 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menuturkan, konsumsi rumah tangga memiliki kontribusi sekitar 60 persen terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun Agus menilai angka tersebut belum seperti yang diharapkan.

"Memang kontribusi konsumsi terhadap pertumbuhan ekonomi masih besar 60 persenan. Tetapi, ini belum meningkat seperti yang kita harapkan," kata Agus di Kantornya, Jakarta, Kamis (28/12).

Menurutnya, saat ini masyarakat menengah ke atas banyak melakukan perubahan pola konsumsi. Di mana dari mulanya gemar belanja ke toko-toko jadi memilih traveling atau jalan-jalan.

Sementara itu, untuk masyarakat kalangan menengah ke bawah terjadi perubahan konsumsi lantaran adanya berbagai bantuan sosial dari pemerintah. Sehingga dua hal ini yang membuat pertumbuhan konsumsi rumah tangga belum mengalami peningkatan.

"Ini adalah kondisi yang kita juga yakini dengan adanya bantuan sosial dan diberikan oleh pemerintah," ucapnya.

Seperti diketahui, pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi mencapai 5,05 persen di tahun 2017. pertumbuhan itu didorong adanya peningkatan dari sisi investasi, ekspor komoditi, dan pertumbuhan impor. Akan tetapi pertumbuhan konsumsi rumah tangga belum mengalami peningkatan. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini