Tips dan Trik Memelihara

Tips dan Trik Memelihara Leopard Gecko

Selasa, 4 Oktober 2022 15:45 Reporter : Thomas Wardhana
Tips dan Trik Memelihara Leopard Gecko Gecko Leopard. © Seapets.co.uk

Merdeka.com - Hewan peliharaan tidak lepas dari kehidupan manusia. Kehadiran mereka bukan hanya sebagai peliharaan namun juga sudah menjadi keluarga.

Salah satu hewan peliharaan yang sedang tren saat ini adalah Leopard Gecko. Binatang yang masih bersaudara dengan tokek dan cicak ini, kini menjadi primadona di kalangan masyarakat. SebabLeopard Geckomemiliki usia panjang, harganya terjangkau danperawatan yang mudah.

Oleh karena itu, menarik untuk diketahui tentang bagaimana memelihara Leopard Gecko yang benar. Melansir dari berbagai sumber, berikut merdeka.com rangkum mengenai tips dan trik memelihara Leopard Gecko.

2 dari 6 halaman

Reptil Jinak dan Pemalu

gecko leopard

© Seapets.co.uk

Leopard Gecko atau Eublepharis macularius adalah keluarga dari reptil yang hidup alami di kawasan Pakistan, India, atau Iran, dan hidup di bawah bebatuan.

Berbeda dengan saudara jauhnya yaitu Tokay Gecko (Tokek Rumah) yang galak, Leopard Gecko lebih jinak dan pemalu jika bertemu manusia. Gecko lebih menyukai bersembunyi dan lari daripada mempertahankan diri dengan menyerang.

Karena sifat alamiahnya ini, Gecko cocok untuk dijadikan sahabat bermain terutama anak-anak karena cenderung ramah dan jinak. Karena alasan ini, banyak orang mulai membudidayakan Leopard Gecko dengan jenis, warna, dan variasi motif yang berbeda-beda.

3 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Leopard Gecko

Di Indonesia terdapat tiga jenis Line Albino Leopard Gecko yaitu Leopard Gecko Tremper Albino, Leopard Gecko Rainwater Albino, dan Leopard Gecko Bell Albino. Albino pada Leoprad Gecko berbeda dengan kebanyakan hewan lainnya. Sifat albinisme pada hewan ini, membuat kekurangan pigmen yang menyebabkan perubahan corak hitam menjadi ungu dan cokelat.

Banyak peternak yang mulai mengkombinasikan warna Leopard Gecko dengan mengawinkan silang sehingga menghasilkan warna yang berbeda.

Selain itu, beternak Leopard Gecko juga mengundang 'cuan' karena harganya yang sangat kompetitif, namun tetap bisa dijangkau. Leopard Gecko untuk usia 3-6 bulan biasa dijual dengan harga 50-100 ribu rupiah per ekor. Untuk 6-12 bulan biasa dijual dengan harga 120-250 ribu rupiah per ekor. Untuk indukan di atas 12 bulan, bisa mencapai jutaan rupiah tergantung motif dan jenisnya.

4 dari 6 halaman

Tips Memilih Leopard Gecko Yang Sehat

Sebelum memelihara Leopard Gecko, kita perlu mencari tahu kondisi Gecko yang sehat seperti apa supaya tidak berpengaruh terhadap pertumbuhannya kelak.

Jika berminat memelihara gecko, sebaiknya perhatikan tips berikut ini :

-Diusahakan membeli Gecko secara langsung supaya bisa observasi secara fisik.
-Periksa hidung dan pastikan Gecko tidak ada gejala pilek
-Ekor dan badan harus berisi walaupun gecko masih kecil (hindari Gecko dengan ekor runcing seperti pensil)
-Melihat bentuk fisik, apakah ada cacat atau tidak
-Apabila membeli secara online, dipastikan diakses melalui penjual yang kredibel dan terpercaya.

001 indra cahya
©2017 Merdeka.com

Leopard Gecko yang sudah dibeli, diusahakan untuk dikarantina terlebih dahulu supaya bisa menyesuaikan dengan suhu dan lingkungan tempat tinggalnya. Setelah dirasa mau untuk makan, Gecko bisa dilepas ke kandangnya.

5 dari 6 halaman

Trik Memelihara Leopard Gecko

Leopard Gecko bisa hidup selama maksimal 15 Tahun, namun hal tersebut tergantung kondisi dan lingkungan yang dihuni. Sebagai pemilik, kita perlu mencari tahu bagaimana cara memelihara Gecko yang tepat supaya Gecko bisa tetap sehat dan usianya panjang.

1. Makan

Makanan utama Gecko adalah jangkrik, namun bisa divariasikan dengan serangga lain tergantung kesukaan Gecko. Beri makan Gecko kecil (1-8 buulan) setiap hari dengan 3-5 ekor jangkrik. Untuk Gecko dewasa pada umumnya akan mulai mengurangi nafsu makannya.

2.Suplemen

Gecko membutuhkan kalsium untuk menjaga pertumbuhan tulangnya agar tetap kuat. Apabila tidak pernah diberi, resiko kecacatan bisa saja terjadi. Beri pakan Gecko dengan mencampurkannya dengan bubuk kalsium.

3.Alas

Koran , tissue , zeolite (sehalus mungkin JANGAN PAKE KASAR) , dolomite. Hindari alas kotor dan lembab karena akan membuat Gecko sakit.

4. Kandang

Gecko bisa diletakkan di box kontainer kecil atau wadah plastik yang sekiranya tidak terlalu kecil untuk ukuran tubuhnya. Lebih baik jika diletakan di kandang khusus reptil dengan fasilitas persembunyian dan air minum.

4.Predator

Jauhkan dari predator seperti kucing, anjing, ular, atau jenis hewan berbahaya untuk Gecko lainnya.

6 dari 6 halaman

Mengenali Penyakit Leopard Gecko

leopard gecko
Sarah’s Bearded Dragon Rescue ©2022 Merdeka.com

Meski Gecko adalah salah satu hewan yang tahan akan penyakit, namun tetap bisa terserang penyakit berbahaya. Pemilik perlu mengenali jenis penyakit apa yang bisa dijangkit oleh Gecko.

1.Diare

Terjadi karena makanan dan lingkungan kandang yang buruk.

2.MBD (Metabolic Bone Disease)

Gecko kekurangan kalsium

3.Penyumbatan Saluran Pencernaan

Kekurangan vitamin dan salah dalam pemberian pakan

4.Eye Caps

Kesalahan dalam meletakan alas di kandang sehingga mata Gecko terkena serpihan pasir

5.Crypto

Gizi yang buruk karena banyaknya nutrisi yang terbuang

[thw]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini