Klepon Ubi Ungu yang Kenyal dan Lezat, Berikut Cara Membuatnya dengan Mudah

Rabu, 28 September 2022 11:02 Reporter : Muhammad Farih Fanani
Klepon Ubi Ungu yang Kenyal dan Lezat, Berikut Cara Membuatnya dengan Mudah Ilustrasi Klepon. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Klepon ubi ungu merupakan jajanan pasar yang memiliki banyak peminat. Klepon adalah makanan yang memiliki cita rasa manis dan kenyal. Kekenyalan dan manisnya itulah yang membuat lezat. Belum lagi jika ditambah dengan isian gula merah yang semakin menambah kelezatan rasa dari makanan klepon.

Klepon bisa dibuat dari berbagai bahan. Bahan-bahan untuk membuat klepon sangatlah mudah. Salah satunya adalah ubi ungu. Ubi ungu memiliki kandungan dan manfaat yang baik bagi tubuh. Ubi memiliki rasa yang manis dan lezat. Di Indonesia, ubi bisa didapatkan di mana saja tentu dengan harga yang relatif murah.

Klepon ubi ungu tentu merupakan variasi dari makanan klepon yang sangat beragam. Berbagai macam jenis klepon yang dibuat dengan beberapa bahan tersebut tentu memiliki daya tarik tersendiri. Terutama perihal warna. Bahan ubi ungu akan memberikan warna ungu alami yang ada pada klepon.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mengetahui cara membuat klepon ubi ungu, berikut ini Merdeka.com merangkum informasi tentang cara membuat klepon ubi ungu yang enak, lezat dan mudah dibuat, dilansir dari laman Liputan 6.

2 dari 5 halaman

Alat Masak Klepon Ubi Ungu

ilustrasi klepon
©2020 Merdeka.com

Hal pertama yang perlu untuk dipersiapkan sebelum memasak klepon ubi ungu adalah mempersiapkan alat-alat masak. Alat masak ini penting dipersiapkan supaya proses memasak bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah alat-alat masak yang diperlukan untuk membuat klepon ubi ungu.

1. Wadah

2. Ulekan

3. Plastik

4. Sendok

5. Panci

6. Piring saji

3 dari 5 halaman

Bahan-bahan Klepon Ubi Ungu

ilustrasi klepon
©2020 Merdeka.com

Dalam membuat masakan. Bahan-bahan merupakan bagian penting yang harus dipersiapkan. Berbeda dengan klepon biasa yang berwarna hijau yang terbuat dari tepung ketan, klepon ubi ungu memiliki bahan-bahan yang berbeda. Berikut ini adalah bahan-bahan untuk membuat klepon ubi ungu yang perlu Anda ketahui.

Bahan Utama:

- 300 gram ubi ungu

- 120 gram tepung ketan

- 1/2 sdt garam

- 90 ml air hangat

- Air untuk merebus secukupnya

Bahan Isi:

- 65 gram gula merah yang sudah disisir halus

Bahan Lapisan:

- Kelapa parut secukupnya

- Garam secukupnya

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Adonan Klepon Ubi Ungu

Bagian ini adalah bagian yang tidak kalah penting, yaitu cara membuat adonan klepon ubi ungu. Berikut ini adalah cara dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat adonan kue klepon ubi ungu yang perlu untuk Anda ikuti dengan runtut.

1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengupas ubi ungu yang sudah disiapkan di bahan utama. Pastikan ubi ungu terlepas dari kulitnya secara menyeluruh. Dan setelah itu, cuci bersih ubi ungu yang sudah dikupas. Cuci sampai benar-benar bersih.

2. Siapkan alat kukus. Kemudian masukkan ubi ungu yang sudah dicuci tersebut ke dalam panci kukus. Kukus sampai empuk dan matang. Jika sudah empuk, angkat dan haluskan ubi ungu tersebut sampai halus dan tidak ada lagi gumpalan-gumpalan.

3. Selanjutnya, siapkan wadah dan masukkan tepung ketan, garam, dan ubi ungu yang sudah dihaluskan tadi ke dalam satu wadah. Sembari itu, masak air sampai hangat.

4. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan tercampur rata. Pastikan tidak ada adonan yang tidak tercampur rata.

5. Ambil sedikit adonan, lalu buatlah bulatan kecil-kecil. Lakukan hal yang sama sampai adonan habis.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Klepon Ubi Ungu

Setelah membuat adonan klepon ubi ungu. Maka ini adalah langkah selanjutnya yang perlu Anda perhatikan baik-baik. Berikut ini adalah cara membuat klepon ubi ungu yang perlu diketahui.

1. Langkah pertama, pipihkan adonan kulit klepon yang sudah dibulatkan. Kemudian berikan isian gula merah secukupnya. Bungkus gula merah yang sudah dimasukkan dengan dengan bulatan klepon. Lakukan hal yang sama sampai adonan klepon yang Anda buat habis.

2. Siapkan panci yang akan dipakai untuk mengukus klepon. Berikan air secukupnya ke dalam panci. Kemudian langkah selanjutnya adalah merebus air tersebut sampai mendidih.

3. Apabila air sudah mendidih, Anda bisa memasukkan adonan klepon yang dibentuk tadi ke dalam panci. 

4. Masak klepon sampai benar-benar matang. Tanda matangnya adalah jika klepon sudah mengambang  di permukaan air. Jika sudah matang, angkat dan sisihkan terlebih dahulu.

5. Siapkan parutan kelapa bersama dengan garam secukupnya. Ratakan.

6. Kemudian, kukus kelapa yang sudah dicampurkan dengan garam tersebut kira-kira lima sampai sepuluh menit. Jika sudah, simpan kelapa parut di atas piring.

7. Ratakan kue klepon yang sudah matang tersebut di atas parutan kelapa yang sudah dipersiapkan. Pastikan semua permukaan klepon tercampur dengan rata dan tertutupi oleh parutan kelapa.

8. Jika sudah, kue klepon ubi ungu sudah siap untuk disajikan. Anda bisa menyantapnya dengan teh manis hangat yang akan semakin menambah kenikmatan menyantap klepon.

[mff]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini