Inilah Cara Pesawat Cari Jalan di Udara

Rabu, 22 Januari 2020 11:10 Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Inilah Cara Pesawat Cari Jalan di Udara Bandara Soekarno Hatta. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Pesawat merupakan alat transportasi udara yang membuat perjalanan menjadi lebih cepat dan dapat menghemat waktu. Tapi tahukah kalian bagaimana cara pesawat mencari jalan ketika ada di udara?

Pilot sekaligus Youtubers, Vincent Raditya pernah membagikan informasi mengenai cara pilot menerbangkan pesawat dan prosedur apa saja yang harus dilakukan untuk mencari rute pesawat.

Video berdurasi hampir 19 menit ini menjelaskan secara garis besar bagaimana seorang pilot bekerja. Kapten Vincent saat itu tengah berada di ruang kemudi pilot pesawat yang akan terbang dari Jakarta menuju Medan.

Berikut cara pesawat mencari jalan di udara seperti yang dijelaskan oleh Kapten Vincent Raditya di videonya akhir 2018 silam:

1 dari 7 halaman

Alat Navigasi Pesawat

Setiap pesawat memiliki alat navigasi yang berguna untuk menentukan posisi, arah, jarak, rute dan apapun terkait dengan penerbangan. Umumnya alat navigasi pesawat bernama IRS (Inertial Reference System), dan ada yang sudah dilengkapi dengan GPS.

2020 Merdeka.com/Youtube Vincent Raditya

"Pesawat ini memiliki alat navigasi berupa IRS (Inertial Reference System), dan pesawat model baru sudah dilengkapi dengan GPS," tutur Kapten Vincent di awal penjelasannya.

Dari IRS, pilot bisa melihat posisi pesawat, memeriksa rute, ketinggian, dan posisi pesawat saat terbang.

"Intinya di dalam pesawat ini kita sudah tahu, kita punya attitude-nya berapa, dengan rate sekian kita akan sampai kurang lebih sekian," imbuh Vincent.

2 dari 7 halaman

Dokumen Pilot dan Flight Plan

Selain IRS, ada dokumen penting yang harus dibawa dan dipahami pilot sebelum menerbangkan pesawat. Ialah Flight Plan dan peta dari maskapai penerbangan. Di dalam dokumen itu, sudah tertera tujuan, rute, ketinggian yang harus ditempuh dan prosedur lainnya.

2020 Merdeka.com/Youtube Vincent Raditya

"Kita dikasih tahu, rutenya dari mana ke mana, lewat mana, kita sudah diberikan oleh perusahaan," jelas Vincent sambil menunjukkan Flight Plan-nya.

Di dalam Flight Plan, terdapat tulisan berupa kode-kode wilayah, koordinat serta angka yang hanya bisa dipahami pilot atau satuan penerbang lain. Akan sulit untuk memahami dan menghafal Flight Plan kalau tidak memiliki sertifikasi penerbang.

3 dari 7 halaman

ILS Approach

Dalam Flight Plan, sudah ditentukan segala prosedur yang harus ditempuh oleh pilot, kecuali prosedur landing. Prosedur landing akan ditentukan oleh bandara tujuan.

2020 Merdeka.com/Youtube Vincent Raditya

Setiap bandara memiliki prosedur masing-masing atau biasa disebut dengan ILS (instrument Landing System) Approach. Dan, setiap pesawat yang mendarat ke bandara tertentu harus mematuhi peraturan yang sudah diatur.

"Dan setiap negara punya cara approach yang berbeda. Umumnya, gaya terbang hampir sama, tapi ILS Approach-nya berbeda-beda," tutur Vincent.

4 dari 7 halaman

Cara Keluar dari Bandara

Flight Plan menjadi instrumen penting dalam menerbangkan pesawat. Tanpa Flight Plan yang sudah ditentukan terlebih dahulu, pesawat akan sulit menentukan arah dan tidak bisa mencari rute. Ada satu hal lagi yang perlu dipahami dalam Flight Plan, yaitu SIDtandart Instrument Departure (SID) untuk lepas landas.

2020 Merdeka.com/Youtube Vincent Raditya

"Pesawat sudah bisa menerbangkan sendiri, tipe SID seperti ini tanpa bantuan Nav Air, semacam stasiun radio yang mengeluarkan radar untuk di-track," jelas Vincent sambil menunjukkan dokumen Flight Plan-nya.

Pilot perlu mengecek ulang SID dalam Flight Plan dan memahami setiap kode yang ada untuk menentukan rute terbang di udara.

5 dari 7 halaman

Memasukan Rute ke IQ Podz

Setelah pengecekan dokumen selesai, pilot akan memasukkan rute berupa kode-kode dari Flight Plan ke IQ Podz, semacam komputer di dalam pesawat.

2020 Merdeka.com/Youtube Vincent Raditya

"Ini rute yang akan kita gunakan... Kita akan masukan semua. Ini adalah IQ Podz," kata Vincent menunjukkan alat IQ Podz yang ada di depannya.

Semua data terkait rute penerbangan, akan dimasukkan, dari flight plan, tujuan, suhu, bandara alternatif, ketinggian, rute hingga penerbangan. Selain itu, pilot juga akan memasukkan jalan keluar mana yang akan dilalui pesawat ketika lepas landas.

"Di sinilah kita akan menentukan rute kita, kita akan take off dari runway mana," Vincent memasukkan kode-kode sesuai dengan Flight Plan yang diterimanya.

6 dari 7 halaman

Ada Jalan Tol di Udara

Tak jauh beda dengan jalanan yang ada di darat, di udara sudah tersedia jalan khusus untuk pesawat. Bedanya, jalan ini tidak terlihat, dan hanya diketahui oleh navigasi pesawat.

2020 Merdeka.com/Youtube Vincent Raditya

Setiap jalan di udara juga memiliki nama seperti jalanan di darat. Ada juga jalan tol udara. Vincent menyebutkan nama jalan tol udara dari Jakarta ke Medan ialah W12.

"Kita masukin jalannya, dari Dolta kita lewat W12. W12 ini adalah jalan tol di udara, tidak terlihat tapi sudah dibuat sedemikian rupa, semua pesawat yang akan ke Medan, semua lewat sana," jelas Vincent sambil menunjukkan kode-kode di IQ Podz.

7 dari 7 halaman

Cek Rute

Selesai memasukkan semua data penerbangan dari Flight Plan, pilot wajib melakukan pengecekan ulang rute lewat layar monitornya. Di dalamnya ada gambar grafik yang menunjukkan rute tempuh pesawat.

2020 Merdeka.com/Youtube Vincent Raditya

"Kita akan periksa lagi... kita pastikan komputer sudah diinput sesuai dengan gambar, jangan sampai salah," ucap Kapten Vincent sambil mengecek kembali data di komputer dengan yang ada di dokumennya.

Vincent juga menjelaskan, apabila ada perbedaan atau kendala dalam menentukan rute, pilot akan kembali menggunakan metode lama, yaitu dengan peta yang tersedia dalam dokumen pilot.

[snw]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini