Doa Setelah Sholat Dhuha Latin Lengkap dengan Terjemahnya

Selasa, 12 Juli 2022 08:21 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Doa Setelah Sholat Dhuha Latin Lengkap dengan Terjemahnya ilustrasi sholat dhuha. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Doa setelah sholat dhuha latin bisa coba Anda hafalkan. Sholat dhuha sendiri merupakan salah satu amalan sunnah yang memiliki keutamaan penting jika dikerjakan. Salah satu keutamaannya adalah diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT. Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Barangsiapa yang menjaga sholat dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni walau sebanyak buih di lautan," (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Untuk mencapai keutamaan dari sholat dhuha, ada baiknya untuk mengerjakan sholat dengan tepat mulai dari bacaan doa sebelum hingga sesudah sholat dhuha.

Bagaimana bacaan doa sesudah sholat dhuha yang dianjurkan? Berikut merdeka.com membagikan bacaan doa setelah sholat dhuha latin lengkap dengan terjemahnya dilansir dari berbagai sumber. Selasa (12/7/2022):

2 dari 6 halaman

Sholat Dhuha

Sholat dhuha adalah ibadah sunnah yang dikerjakan pada awal waktu setelah 20 menit matahari terbit hingga seperempat siang. Tata cara sholat dhuha adalah paling sedikit dikerjakan dengan dua rakaat dan lebih banyak dengan kelipatan yang sama.

Sholat dhuha merupakan ibadah yang termasuk sunnah. Artinya, akan menjadi ladang pahala bagi mereka yang senantiasa mengerjakannya namun tak akan menjadi dosa apabila ditinggalkan. Namun, sholat dhuha adalah ibadah sunnah yang rutin dikerjakan oleh Rasulullah SAW.

Tata Cara Sholat Dhuha

Sebenarnya, secara garis besar tata cara sholat dhuha sama halnya dengan gerakan sholat pada umumnya. Namun, terdapat perbedaan pada bacaan niat sholat serta bacaan surat-surat pendek. Berikut urutannya:

1. Membaca niat sholat dhuha

"Ushalli sunnatadh dhuhaa rokataini mustaqbilal qiblati adaaan lillaahi taaalaa"

Artinya:
"Aku niat salat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Taala."

2. Takbiratul ihram (Allahu akbar)
3. Membaca doa iftitah
4. Membaca surah al-Fatihah.
5. Membaca surah pendek, diutamakan untuk membaca QS ad-Dhuha.
6. Ruku dengan tumaninah.
7. Itidal dengan tumaninah.
8. Sujud dengan tumaninah.
9. Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah.
10. Sujud kedua dengan tumaninah.
11. Berdiri lagi menunaikan rakaat yang kedua.
12. Membaca surah al-Fatihah.
13. Membaca surah pendek, diutamakan untuk membaca QS as-Syams.
14. Ruku dengan tumaninah.
15. Itidal dengan tumaninah.
16. Sujud dengan tumaninah.
17. Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah.
18. Sujud kedua dengan tumaninah.
19. Tasyahud akhir dengan tumaninah.
20. Membaca salam menengok ke kanan dan ke kiri.
21. Membaca doa sholat dhuha.

Baca juga:
Cara Menghitung Kalori Makanan yang Dikonsumsi dengan Manual hingga Aplikasi

3 dari 6 halaman

Doa Setelah Sholat Dhuha Latin dan Terjemahnya



للّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Latin: Allahumma innad-duhaa'a duhaa'uka wal bahaa'a bahaa'uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal 'ismata 'ismatuka

Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa'i fa anzilhu, wa in kaana fil ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu'assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba'iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa'ika wa bahaa'ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa ataita 'ibaadakash-shalihiin.

Artinya: "Ya Allah, bahwasanya waktu dhuha itu waktu dhuhaMu, kecantikan itu adalah kecantikanMu, keindahan itu keindahanMu, kekuatan itu kekuatanMu, kekuasaan itu kekuasaanMu, dan perlindungan itu, perlindunganMu."

Ya Allah, jika rezeki masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaanMu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hambaMu yang sholeh."

ilustrasi sholat

soundvision.com

4 dari 6 halaman

Keutamaan Sholat Dhuha

1. Termasuk Sedekah yang Baik

Meski merupakan ibadah sunnah yang tidak wajib dikerjakan, sholat dhuha memiliki keutamaan yang sangat baik. Salah satunya ialah jika dikerjakan dianggap sebagai pahala sedekah.
Bagi seorang muslim yang rajin mengerjakan sholat dhuha, maka dianggap telah bersedekah dengan jumlah yang banyak atas seluruh anggota tubuhnya. Hal tersebut seperti sabda Rasulullah SAW:

"Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua raka’at," (HR Muslim).

2. Membawa Kecukupan Rezeki

Keutamaan sholat dhuha yang paling banyak diketahui ialah dapat membawa kecukupan rezeki bagi seseorang yang rutin mengerjakannya. Hal itu seperti disebutkan dalam hadist berikut:

"Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: 'Wahai Anak Adam, jangan sekali-kali kamu malas mengerjakan empat rakaat pada awal siang (sholat dhuha), nanti akan Aku cukupi kebutuhanmu pada akhirnya (sore hari)'," (HR Daud, Ahmad, Tirmidz).

5 dari 6 halaman

3. Diampuni Dosanya

Keutamaan lain dari rutin melaksanakan sholat dhuha adalah diampuni segala dosa-dosanya di masa lampau. Siapa pun yang mengerjakan sholat dhuha secara rutin, maka dosa sebanyak buih di lautan pun akan diampuni Allah SWT.

"Siapa yang membiasakan (menjaga) shalat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan."(HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

4. Menyehatkan Tubuh

Tak hanya secara rohani, sholat dhuha pun memiliki manfaat untuk kesehatan jasmani. Sholat di pagi hari menjelang siang dapat melancarkan peredaran darah. Selain itu, udara pagi yang segar dapat bermanfaat bagi pernapasan dan jantung.

Dengan rajin melaksanakan sholat dhuha, maka akan membantu menyehatkan persendian dan tulang. Berwudu sebelum sholat juga membantu membuat wajah terlihat awet muda.

"Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah.

Begitu pula amar maruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan salat Dhuha sebanyak 2 rakaat." (HR. Muslim no. 720).

6 dari 6 halaman

5. Dijanjikan Istana di Surga

ilustrasi sholat
©2021 Merdeka.com/pexels-thirdman

Barangsiapa yang secara rutin mengerjakan sholat dhuha juga akan mendapatkan istana megah di surga kelak kemudian hari. Adapun sabda mengenai keutamaan sholat dhuha ini yaitu sebagai berikut,

"Barang siapa sholat Dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Baca juga:
Cara Menghitung Kalori Makanan yang Dikonsumsi dengan Manual hingga Aplikasi



Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini