Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Contoh Teknologi Digital yang Mempermudah Hidup Manusia, Ketahui Manfaatnya

Contoh Teknologi Digital yang Mempermudah Hidup Manusia, Ketahui Manfaatnya ilustrasi teknologi. i-scoop.eu

Merdeka.com - Contoh teknologi digital kini banyak digunakan di berbagai sendi kehidupan manusia. Teknologi digital merupakan salah satu hasil pengembangan dari berbagai pengetahuan dan inovasi para penciptanya.

Jika berbicara mengenai teknologi digital, rasanya kini banyak ditemui berbagai bentuknya. Tak dipungkiri, teknologi digital memang telah membawa banyak perubahan bagi kehidupan manusia.

Di antaranya yakni mampu memberikan kemudahan yang maksimal bagi manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Selain itu, masih banyak pula manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan teknologi digital di berbagai aktivitas manusia.

Selayaknya produk teknologi lainnya, teknologi digital pun juga memiliki beberapa contohnya yang selayaknya patut untuk diketahui. Nah, lantas apa sebenarnya apa definisi hingga contoh teknologi digital itu sendiri?

Melansir dari berbagai sumber, simak ulasan yang berhasil merdeka.com rangkum mengenai definisi hingga contoh dari teknologi digital berikut ini.

Pengertian Teknologi Digital

Mengetahui contoh teknologi digital akan lebih mudah jika kita memahami tentang pengertiannya terlebih dahulu. Menurut laman sistem-komputer-s1.stekom.ac.id, teknologi digital adalah suatu alat yang tidak lagi menggunakan tenaga manusia secara manual.

Melainkan yakni menggunakan sistem pengoperasian yang secara otomatis didesain dengan komputerisasi atau format tertentu pada komputer. Pada dasarnya, teknologi digital yakni merupakan sebuah sistem penghitung yang mampu menghasilkan keluaran (output) dalam kurun waktu singkat dan cepat.

ilustrasi teknologi

humanresourcesonline.net

Sehingga, segala bentuk informasi sebagai masukan yang tak lain merupakan kode digital akan diproses secara lebih cepat dibandingkan dengan cara manual. Dalam teknologi digital, segala masukan tersebut akan diproses menggunakan sensor serta mikroprosesor.

Dari proses tersebut, muncul output dalam bentuk informasi yang dapat diterima manusia pada layar monitor. Hal itu lah yang membuat teknologi digital kian banyak digunakan karena memuat berbagai informasi secara visual.

Diketahui, teknologi digital mulai muncul pada tahun 1940 saat teknologi komputer juga kian berkembang. Sejak saat itu, tahun 1989 lantas memuat pengembangan teknologi digital berupa World Wide Web (www) hingga pada tahun 1997 muncul situs jejaring sosial.

Manfaat Penggunaan Teknologi Digital

Selain pengertian, alangkah lebih baiknya bagi kita untuk senantiasa memahami manfaat dari penggunaan teknologi digital. Selayaknya berbagai jenis teknologi lainnya, teknologi digital pun juga memiliki banyak manfaatnya bagi manusia.

Adapun di antara manfaat tersebut yakni sebagai berikut,

1. Lebih Efisien

Penggunaan teknologi digital diklaim mampu lebih efisien. Sehingga, penggunanya tidak harus mengeluarkan waktu serta biaya berlebih untuk mendapatkan hasil yang dibutuhkan.

Dibandingkan dengan penghitungan cara manual, maka manusia akan jauh lebih menghabiskan banyak waktu serta biaya. Maka dari itu, teknologi digital kini kian berkembang lantaran memicu kemudahan bagi kehidupan manusia di berbagai sektor.

2. Memungkinkan Menyimpan Data dengan Mudah

Selain itu, teknologi digital pun juga menawarkan kemudahan lainnya. Salah satunya yakni mengenai penyimpanan data yang lebih mudah pada teknologi komunikasi digital.

Teknologi digital memungkinkan penggunanya untuk dapat menyimpan data berupa kode digital ke dalam bentuk nonfisik. Sehingga hal tersebut dapat diakses di berbagai tempat selama terhubung dengan jaringan.

4g lte

©2014 Merdeka.com - shutterstock

3. Memunculkan Inovasi di Bidang Komunikasi

Manfaat berikutnya dari teknologi digital adalah mampu memunculkan berbagai inovasi yang lebih cepat di bidang komunikasi. Hingga saat ini, teknologi komunikasi digital pun telah berkembang jauh lebih pesat dari sebelumnya.

Hal ini memungkinkan manusia untuk semakin mudah mengakses serta terhubung dengan manusia lain. Dengan begitu, kebutuhan akan interaksi juga kian terasa mudah, cepat, dan praktis.

Contoh Teknologi Digital

Contoh teknologi digital kini semakin banyak hadir di setiap kebutuhan manusia. Contoh teknologi digital tersebut memang muncul sebagai respon dari kebutuhan manusia di berbagai sektor.

Maka dari itu, memahami contoh teknologi digital akan lebih mudah jika didasarkan pada jenis-jenisnya. Adapun pembagian dari jenis dan contoh teknologi digital tersebut antara lain sebagai berikut,

1. Teknologi Komunikasi Digital

Contoh teknologi digital yang pertama yakni teknologi komunikasi. Jenis teknologi digital yang satu ini hingga kini paling banyak digunakan manusia.

Sebab, manusia merupakan makhluk sosial yang tak akan terlepas dari kebutuhan interaksinya terhadap sesama. Maka dari itu, jenis teknologi yang satu ini pun juga mengalami perkembangan serta inovasi cepat.

Sebagai contoh teknologi digital dari jenis ini yakni seperti smartphone, televisi pintar, tablet, laptop, radio, dan lain sebagainya.

ilustrasi teknologi

theguardian.com

2. Teknologi Industri Digital

Selain di bidang komunikasi, jenis dari teknologi digital yang selanjutnya yakni di bidang industri. Meski tak sebanyak di bidang komunikasi, namun teknologi digital industri kini juga mengalami pertumbuhan yang pesat.

Bahkan, penggunaannya kini tak terbantahkan lagi untuk menghasilkan produk yang lebih berkualitas serta berkuantitas tinggi. Sementara itu, contoh teknologi digital di bidang industri yakni seperti Big data, Artificial Intelligence, Cloud Computing, dan lain sebagainya.

3. Teknologi Ekonomi Digital

Tak hanya di bidang komunikasi dan industri, teknologi digital pun juga merambah di bidang ekonomi. Kini, semakin banyak transaksi yang lebih mudah antara sesama pengguna teknologi tersebut.

Hal ini pun tentu mendukung laju pertumbuhan ekonomi serta uang beredar di suatu negara. Sementara itu, contoh teknologi digital di bidang ekonomi yakni seperti dompet digital, aplikasi pembayaran, mesin EDC, dan lain sebagainya.

006 yoga tri priyanto

©2014 Merdeka.com

4. Teknologi Edukasi Digital

Teknologi digital tak lain juga membawa perubahan mendasar di bidang edukasi. Teknologi digital memungkinkan para siswa serta tenaga pendidik dapat berinteraksi secara lebih efisien dan efektif.

Maka dari itu, tak heran jika kini banyak dikembangkan berbagai produk dari teknologi digital untuk mempermudah interaksi. Contoh teknologi digital di bidang ini yakni seperti aplikasi pendidikan berbasis digital, hingga aplikasi pertemuan, dan lain sebagainya. (mdk/mta)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Pengertian Teknologi Beserta Jenis dan Manfaatnya
Pengertian Teknologi Beserta Jenis dan Manfaatnya

Penjelasan mengenai jenis teknologi dan manfaatnya untuk kehidupan manusia.

Baca Selengkapnya
Kemenkumham Ajak Humas Kuasai Teknologi Lewat Gelaran What's Up
Kemenkumham Ajak Humas Kuasai Teknologi Lewat Gelaran What's Up

Dalam era digital saat ini, peran humas menjadi semakin krusial. Penting bagi praktisi humas untuk menguasai teknologi, bukan sebaliknya.

Baca Selengkapnya
Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi, Lengkap beserta Fungsi dan Manfaatnya
Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi, Lengkap beserta Fungsi dan Manfaatnya

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merujuk pada penggunaan teknologi untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menyebarkan informasi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
IPTEK adalah Singkatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Ketahui Manfaatnya bagi Kehidupan
IPTEK adalah Singkatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Ketahui Manfaatnya bagi Kehidupan

Ilmu pengetahuan dan teknologi berperan penting dalam kehidupan. Adanya IPTEK, semakin mempermudah manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca Selengkapnya
5 Teknologi Tertua yang Hingga Kini Masih Digunakan
5 Teknologi Tertua yang Hingga Kini Masih Digunakan

Teknologi yang telah ada sejak dahulu pun masih kerap digunakan hingga kini. Yuk, simak 5 teknologi tertua yang masih digunakan sampai saat ini!

Baca Selengkapnya
Digitalisasi Teknologi Merambah Mesin Sangrai Kopi, Apa Keunggulannya?
Digitalisasi Teknologi Merambah Mesin Sangrai Kopi, Apa Keunggulannya?

Industri mesin sangrai kopi pun kini turut berkembang mengikuti perubahan zaman.

Baca Selengkapnya
Pengertian Iptek menurut Para Ahli, Ketahui Manfaat dan Dampaknya di Era Modern
Pengertian Iptek menurut Para Ahli, Ketahui Manfaat dan Dampaknya di Era Modern

Merdeka.com merangkum informasi tentang pengertian iptek menurut para ahli yang wajib diketahui.

Baca Selengkapnya
Ingin Mengembangkan Bisnis Online? Yuk, Kenali 5 Jenis Iklan Digital Favorit!
Ingin Mengembangkan Bisnis Online? Yuk, Kenali 5 Jenis Iklan Digital Favorit!

Yuk, ketahui beberapa jenis iklan yang bisa dilakukan melalui platform digital.

Baca Selengkapnya
Teknologi Cloud Diklaim Solusi Optimal Transformasi Digital
Teknologi Cloud Diklaim Solusi Optimal Transformasi Digital

Dari sisi teknologi, Cloud computing diklaim lebih optimal untuk melakukan transformasi digital.

Baca Selengkapnya