Cara Menggunakan Mesin Cuci Menurut Jenisnya, Pemula Wajib Tahu

Kamis, 18 Maret 2021 10:38 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah
Cara Menggunakan Mesin Cuci Menurut Jenisnya, Pemula Wajib Tahu Ilustrasi pakaian. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Africa Studio

Merdeka.com - Mencuci merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan untuk membersihkan pakaian-pakaian kotor. Mesin cuci menjadi andalan banyak orang untuk membantu menuntaskan pekerjaan rumah tangga tersebut.

Dengan mesin cuci, mencuci akan menjadi lebih cepat dan efisien. Meski demikian, cara penggunaan mesin cuci tak bisa disamakan semua jenisnya.

Terdapat beberapa jenis mesin cuci yang kerap digunakan, mulai dari mesin cuci dua tabung hingga mesin cuci otomatis satu tabung. Dua jenis mesin cuci ini memiliki cara penggunaan yang berbeda.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang cara menggunakan mesin cuci, merdeka.com telah merangkumnya dari liputan6.com. Berikut ulasan lengkapnya.

2 dari 5 halaman

Pisahkan Jenis Pakaian Terlebih Dahulu

ilustrasi pakaian
©2013 Merdeka.com/shutterstock/Africa Studio

Sebelum mulai mencuci dengan mesin cuci, Anda harus memisahkan jenis pakaian terlebih dahulu. Perlu diketahui, ada beberapa pakaian yang tidak dapat dicuci dengan mesin cuci, misalnya sutra atau bahan halus tertentu.

Pastikan Anda memeriksa label pakaian yang ada. Singkirkan pakaian yang ada label "hand wash only" atau "dry clean only".

Selain itu, pisahkan juga pakaian berdasarkan warnanya. Pewarna pada pakaian (terutama yang baru) akan kehilangan warnanya pada saat dicuci. Warna tersebut dapat luntur ke pakaian lain dan merusaknya.

3 dari 5 halaman

Langkah Mudah Menyortir Pakaian

ilustrasi pakaian©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Africa Studio

Untuk menyortir pakaian, sebaiknya pisahkan warna gelap dan terang. Pisahkan juga pakaian-pakaian yang terdapat noda (karena beberapa noda perlu perawatan khusus sebelum dapat dicuci dengan mesin cuci).

Pisahkan juga bahan jeans atau denim. Urutkan pakaian Anda berdasarkan berat kainnya. Jika pakaian ringan seperti pakaian dalam, sebaiknya cuci secara terpisah. Pisahkan juga kain berat seperti katun tebal, jaket, handuk mandi atau sweater.

4 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Mesin Cuci Dua Tabung

Mesin cuci dua tabung disebut juga mesin cuci manual. Mesin cuci ini adalah salah satu mesin cuci yang paling banyak digunakan.

Mesin cuci ini mempunyai dua tabung dengan fungsi yang berbeda, yakni satu tabung untuk mencuci dan membilas pakaian, dan satu tabung lainnya untuk mengerikan pakaian sesudah dicuci.

Berikut ini cara menggunakan mesin cuci dua tabung yang benar.

Pertama, isi tabung pencucian secukupnya. Volume air bisa ditentukan dari banyak sedikitnya pakaian yang dicuci. Pengisian air bisa dilakukan secara manual (dengan gayung atau ember) tapi juga bisa mengaliri air dengan selang ke tabung.

Kedua, masukkan deterjen secukupnya. Biarkan deterjen tercampur rata dengan air.

Ketiga, masukkan pakaian yang sudah dipisahkan sebelumnya.

Keempat, atur waktu pencucian dengan panel yang tersedia. Tentukan waktu pencucian dengan memutar panel timer pada mesin cuci tersebut. Sesuaikan waktu mencuci dengan jumlah cucian serta jenis cucian.

Kelima, setelah waktu pencucian selesai, buang air dengan memutar panel pembuangan air yang ada.

Ke enam, masukkan air kembali dan ulangi siklus pencucian sebanyak dua kali (untuk menghilangkan residu dari deterjen yang ada).

Ke tujuh, setelah residu hilang dan pakaian bersih, buang air dan pindahkan cucian ke tabung pengeringan. Pindahkan pakaian secara manual dan padatkan dengan penutup yang sudah ada. Kemudian tutup tabung dan atur waktu pengeringan dengan memutar panel pengering.

Ke delapan, setelah pengeringan selesai, buka tabung dan ambil cucian. Jemur pakaian di bawah sinar matahari.

5 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Mesin Cuci Satu Tabung

Mesin cuci otomatis disebut juga mesin cuci satu tabung. Mesin cuci ini mempunyai dua tipe, yakni tipe mesin cuci pintu atas (top loading) serta mesin cuci pintu depan (front loading).

Mesin cuci top loading dan front loading hanya mempunyai satu tabung, di mana proses pencucian, pembilasan, hingga pengeringan berlangsung pada tabung yang sama. Banyak orang yang menggunakan mesin cuci jenis ini lantaran dianggap lebih praktis dan daya listriknya lebih rendah.

Tipe top loading maupun front loading mempunyai cara penggunaan yang sama. Semua proses kerjanya akan dimulai dari pengisian air, pencucian, pembilasan, dan pengeringan.

Berikut ini cara penggunaan mesin cuci satu tabung yang tepat.

Pertama, hubungkan selang mesin cuci pada saluran air yang ada. Mesin cuci satu tabung akan secara otomatis mengisi tabung dengan air. Volume air akan disesuaikan otomatis oleh mesin cuci tersebut.

Kedua, nyalakan mesin cuci lalu masukkan cucian ke dalam tabung.

Ketiga, pilih siklus pencucian. Umumnya pada mesin cuci otomatis ada beberapa siklus pencucian, seperti mencuci, membilas, serta mengeringkan. Setelah dipilih, pencet tombol start.

Keempat, setelah memilih siklus pencucian maka mesin cuci akan secara otomatis mengisi air. Masukkan deterjen saat proses ini.

Biasanya, jenis deterjen yang digunakan berbeda baik jenis top loading ataupun front loading. Oleh sebab itu, tentukan dengan tepat produk deterjen sesuai jenis mesin cuci.

Kelima, setelah memasukkan deterjen, tutup mesin cuci dan mesin akan otomatis melakukan pencucian berdasarkan siklus yang Anda pilih. Mesin cuci akan mencuci, membilas, dan mengeringkan.

Ke enam, setelah siklus pencucian selesai, keluarkan cucian dan jemur di bawah sinar matahari.

[add]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini